Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > 5 Alasan Messi Sudah Tepat Memilih Hengkang Dari Barca

5 Alasan Messi Sudah Tepat Memilih Hengkang Dari Barca

Lionel Messi sudah mengatakan kepada Barcelona soal keputusannya untuk pergi. Messi ingin pergi dari klub pada musim panas ini. Superstar Argentina sudah berada di Barcelona sejak dia berusia 13 tahun, lalu menjadi jimat Barcelona dan salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Seringkali diyakini oleh banyak orang kalau Messi akan mengakhiri kariernya bersama klub Catalan. Nyatanya tidak seperti itu.

Barcelona, ??bagaimanapun, tidak dalam kondisi yang bagus saat ini. Kedatangan Ronald Koeman sebagai manajer sudah mengindikasikan kalau akan ada perubahan besar, dengan pemain seperti Ivan Rakitic dan Luis Suarez kemungkinan akan meninggalkan klub. Tapi, kepergian Messi bukanlah bagian dari rencana itu.

Berbagai klub top sudah dikaitkan dengan sang superstar. Dengan nominal gaji yang wah, hanya beberapa klub saja yang bisa menampungnya. Juventus, Manchester City, Manchester United, Inter Milan, dan Paris Saint-Germain semuanya menanti keputusan Lionel Messi.

Simak beberapa 5 alasan kenapa meninggalkan Barcelona bisa menjadi keputusan yang tepat untuk Lionel Messi.

Kesempatan Terakhir Berganti Suasana

Sekarang di usianya yang sudah 33 tahun, Lionel Messi mungkin tidak akan pernah mendapat kesempatan lagi untuk melakukan langkah besar seperti ini. Musim panas ini jadi kesempatan terakhirnya untuk melakukan penyegaran sekaligus menaklukkan tantangan baru di pengujung karier. Pemain internasional Argentina sudah berada di Barcelona sejak 2001, berkembang melalui akademi La Masia yang terkenal dan menjadi bagian kesuksesan Blaugrana satu dekade terakhir.

Terlepas dari minat klub-klub top selama bertahun-tahun, Messi tetap setia kepada klub Catalan, bahkan pada saat-saat kariernya sedang ada di titik terendah. Yang patut dipahami ia butuh penyegaran. Tidak mudah bermain di satu klub dalam waktu belasan tahun. Suasana baru akan membantunya kembali menemukan semangat bermain, yang mulai hilang di Barcelona dua tahun belakangan. Bakat Messi luar biasa sehingga ia pasti bisa tampil di level tertinggi selama dua atau tiga tahun ke depan, baik itu sebagai penyerang atau gelandang.

Menjawab Kritikan Tak Bisa Menaklukkan Kompetisi Lain

Salah satu kritikan yang dilontarkan kepada Lionel Messi untuk beberapa tahun terakhir adalah kalau dia belum mencapai kesuksesan di banyak liga, seperti saingannya Cristiano Ronaldo. Ronaldo menikmati kesuksesan domestik yang luar biasa di Inggris, Spanyol dan Italia, sementara Messi menghabiskan seluruh kariernya sejauh ini di Barcelona.

Suatu gerakan bisa mengubah persepsi itu. Dengan berbagai klub seperti Manchester City, Manchester United, Juventus dan Paris Saint-Germain dikaitkan dengan kepindahan, Messi akhirnya bisa menikmati kesuksesan di liga baru. Ini akan menjadi jawaban yang bagus untuk para pengkritik . . . . . . yang percaya bahwa playmaker mungil itu hanya mampu tampil di Spanyol, sambil membangun warisannya dengan nada yang mirip dengan Ronaldo.

Barcelona Terlalu Kacau

Barcelona sedang dalam kekacauan, dan bencana mereka menyisakan sedikit kesempatan untuk bisa sukses memenangi Liga Champions dalam beberapa tahun ke depan. Bisa dibilang pemain terbaik di dunia, Lionel Messi harus berjuang untuk memenangkan trofi paling bergengsi di klub sepak bola, yang tidak mungkin terjadi dengan Barcelona.

Perpindahan ke klub yang lebih terstruktur dan mapan dapat menghasilkan kesuksesan di Eropa, setidaknya kesempatan bagi sang pemain untuk mengangkat trofi sekali lagi. Revolusi skuat Barcelona bukanlah proyek jangka pendek dan pasti akan memakan waktu. Pindah ke klub seperti Manchester City atau Paris Saint-Germain, dengan manajemen dan pemain yang lebih baik, bisa menjadi resep yang bagus untuk memenangkan Liga Champions kesekian buat Messi.

Mengurangi Stres

Lionel Messi bisa dibilang pemain terhebat yang pernah menghiasi lapangan sepak bola, tapi kegagalannya di klub dan level internasional dapat merusak reputasinya. Pemain Argentina itu dituduh tidak menjadi jimat bagi tim nasional; Sementara di level klub, dia dituduh bertanggung jawab atas kekalahan memalukan Barcelona dari Roma, Liverpool dan Bayern Munchen di tiga musim beruntun di Liga Champions.

Pindah ke liga baru untuk pertama kalinya dalam kariernya dapat meredakan stres. Dikelilingi oleh pemain yang lebih baik, Messi akhirnya bisa mencapai kesuksesan yang dibutuhkan untuk menjaga warisannya sebagai yang terhebat sepanjang masa.

Hukuman bagi Josep Maria Bartomeu

Akan adil untuk mengatakan kalau presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu bukanlah favorit penggemar. Bartomeu telah dituduh melakukan penipuan pajak dan transaksi curang sebagai presiden Barcelona dan sekarang dituding sebagai arsitek utama kejatuhan Barcelona. Pola rekrutmen pemain yang buruk plus ditambah transfer kemahalan membuat Tim Catalan dalam kondisi buruk secara finansial maupun di lapangan.

Kalau Messi pergi di bawah kepresidenan Bartomeu, itu akan menjadi warisannya yang abadi sebagai orang yang membiarkan Messi meninggalkan Barcelona. Ini akan menjadi pelajaran bagi Bartomeu dan dewan Barcelona, yang perencanaannya yang buruk sudah mengakibatkan kekacauan di klub saat ini.

x

Check Also

Laga Antara Villarreal vs Barcelona Yang Diwarnai Dengan Sejumlah Kontroversi

Barcelona – Dalam laga terakhirnya Barcelona berhasil mengalahkan 3-1 Villarreal di lanjutan La Liga 2021/22 ...