Home > Berita Liga Indonesia > Robert Rene Ungkap Perbedaan Restart Kompetisi di Indonesia Dibanding Negara Lain

Robert Rene Ungkap Perbedaan Restart Kompetisi di Indonesia Dibanding Negara Lain

Bandung – Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan pada 1 Oktober mendatang, hal itu sesuai keputusan PSSI selaku induk organisasi sepakbola Indonesia, yang didukung oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi profesional Indonesia.

Sejatinya Liga 1 telah berlangsung tiga pekan sebelum ditangguhkan karena wabah virus corona, pada 16 Maret lalu. Setelah lewat sejumlah pertimbangan, PSSI akhirnya memutuskan bahwa kompetisi Indonesia harus kembali berputar.

Prosedur kesehatan yang ketat tentu akan diterapkan, demi terhindar dari Covid-19. Menurut arsitek tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, restart kompetisi Indonesia akan terasa berbeda dibandingkan negara-negara lain.

Liga-liga Eropa sudah berjalan pertengahan musim yang jauh dibanding Indonesia, saat pandemi meluas di dunia. Hal itu yang menurut Robert akan membuat kompetisi di Indonesia akan sangat berbeda, dibandingkan negara lain di dunia.

“Tentu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Seperti yang sudah saya katakan dalam pertemuan, banyak liga di dunia mereka memulai lagi [kompetisi] untuk menuju perebutan juara,” buka pelatih asal Belanda itu, dikutip situs resmi Persib.

“Indonesia, seperti kita ketahui, baru saja memulai kompetisi sebelum liga dihentikan sementara. Jadi tentunya ada perbedaan motivasi, dan cara untuk membangun timnya [kembali],” sambung mantan pelatih Arema dan PSM Makassar itu.

Jika Liga 1 kembali digelar Oktober mendatang, seluruh tim sejatinya bisa memulai kembali kompetisi dengan semangat yang baru dan bahkan lebih bugar, karena perjalanan panjang. Hal ini tak berlaku di liga-liga Eropa yang sudah terlihat perebutan juaranya.

“Contohnya di Liga Inggris, Liverpool, Bayern Munich di Liga Jerman dan lain-lain, mereka memulai kompetisi setelah jeda untuk langsung menatap gelar juara atau jelang kompetisi usai. Tentu itu berbeda situasi dengan Indonesia,” jelas Robert.

“Liga [Indonesia] baru saja memainkan tiga pertandingan, dan ada perjalanan panjang di depan. Kami sudah memainkan tiga pertandingan dengan start yang baik. Tapi, saat ini kita berbicara tentang motivasi tim untuk memulai lagi kompetisi setelah jeda yang panjang,” tutupnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Regulasi Pemain U-20 di Liga 1 Hanya Sebatas Masuk Susunan Pemain, Tak Wajib Main

Jakarta – Harapan para pemain muda untuk tampil sejak menit dalam lanjutan Liga 1 2020 ...