Home > Berita Liga Jerman > Schalke 04 > Petinggi Munchen Puji Pengembangan Pemain Muda Schalke

Petinggi Munchen Puji Pengembangan Pemain Muda Schalke

Munchen – Petinggi Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge menyanjung pengembangan bakat pemain muda Schalke. Menurutnya, sang pesaing bisa saja menjadi juara Bundesliga jika mereka tidak melepas para talenta dari jebolan akademi klub.

Bayern memenangkan gelar ganda domestik dalam dua musim beruntun usai memetik kemenangan lawan Bayer Leverkusen dengan skor meyakinkan 4-2 Sabtu lalu di babak final DFB-Pokal. Sementara, Schalke harus menuntaskan musim ini di urutan ke-12.

Sempat berjuang agar tak turun kasta, mereka kini dibelit masalah jangka panjang perihal krisis finansial imbas wabah virus corona, yang sempat memaksa tak ada kompetisi resmi berjalan selama tiga bulan di Jerman dan harus menuntaskan sisa musim 2019/20 dengan kondisi stadion kosong.

Mereka juga harus menerima kenyataan pahit lebih lanjut dengan penjualan Leroy Sane senilai €49 juta dari Manchester City ke Bayern Munich membuat Schalke kehilangan keuntungan usai kubu Etihad Stadium menebusnya senilai €50 juta pada 2016 silam.

Sejumlah bintang seperti Mesut Ozil, Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan mencuat lewat pengembangan pemain muda di Schalke, di mana mereka telah menjadi salah satu penghasil terbaik untuk pemain-pemain muda dan sayangnya klub tak mampu memanfaatkan asetnya ketika itu.

“Kelompok pemain yang mencuat dari tim muda mereka adalah salah satu yang terbaik di seluruh Jerman,” tutur Rummenigge dalam wawancaranya dengan Sport1.

“Schalke bisa saja jadi juara Bundesliga Jerman jika mereka bisa mempertahankan banyak pemainnya, yang mereka latih dengan sangat baik di divisi pemain muda mereka,” urainya.

“Faktanya, mereka selalu menjual pemain-pemain yang sangat menjanjikan, seperti Leroy Sane ke Manchester City pada 2016, demi memenuhi finansial yang diperlukan mereka,” katanya lagi.

Rummenigge menyatakan, Schalke kurang cerdik dalam menyiasati strategi transfer, yang seharuswnya mereka bisa mendapat lebih dari €100 juta saat melepas Sane, terlebih jika mengikuti pasar transfer saat ini.

“Setahun yang lalu, nilai transfer masih memiliki dimensi yang lain, tapi tahun ini harga tampaknya berada pada skala yang lebih rasional,” lanjut Rummenigge.

“Tak ada yang mau dikasihani. Dengan sebuah konsep baru, spirit baru dan kesabaran yang diperlukan, Schalke akan menemukan kembali cara mereka untuk meraih kekuatan mereka yang dulu. Mereka adalah salah satu klub tradisional di Jerman dan bagian penting dari Bundesliga,” imbuh Rummenigge. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Schalke Rilis Pengumuman Pecat Domenico Tedesco

Schalke Rilis Pengumuman Pecat Domenico Tedesco

Munchen – Pihak Schalke mengumumkan telah menyudahi kerjasamanya dengan Domenico Tedesco sebagai pelatih kepala. Rilis ...