Home > Berita Bola > Manchester City Lolos Sanksi FFP, Petinggi Munchen Kecam UEFA

Manchester City Lolos Sanksi FFP, Petinggi Munchen Kecam UEFA

Munchen – CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge melontarkan kecaman keras pada UEFA atas penyelesaian kasus Financial Fair Play (FFP) Manchester City.

City awalnya diganjar hukuman larangan terlibat selama dua tahun di Liga Champions pada Februari lalu usai terbukti bersalah melanggar aturan FFP antara 2012 dan 2016.

Klub Liga Primer Inggris itu langsung mengajukan banding terhadap putusan tersebut, dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mencermati semua bukti yang ada dalam kasus mereka sebelum memberikan keputusan akhir pada 13 Juli lalu.

CAS lalu memutuskan sanksi City dicabut dan denda awal mereka senilai €30 juta dikurangi menjadi €10 juta saja, yang memancing sejumlah pelatih Liga Primer mempertanyakan bagaimana cara kerja regulasi FFP, termasuk arsitek tim Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Rummenigge kini menuding UEFA, dengan mengatakan bahwa organisasi induk sepakbola Eropa itu gagal menghadirkan bukti pelanggaran finansial City dalam batas waktu yang ditentukan.

“Saya yakin keputusan akhir yang dibuat oleh CAS adalah hasil karena panel UEFA yang bertanggung jawab atas masalah Liga Champions tidak melakukan pekerjaan dengan baik, kelihatannya seperti itu,” kata pimpinan eksekutif Bayern itu dalam jumpa pers, Senin (27/7).

“Apa yang . . . . . . saya dengar dari sumber yang berbeda adalah bahwa itu [keputusan UEFA] tidak dibuat secara terorganisir dengan baik sebelumnya.”

Rummenigge lalu menyampaikan penilaiannya bahwa harus ada perubahan pada FFP di masa depan agar tidak ada kontroversi-kontroversi berikutnya.

Katanya: “Kita harus memodifikasi Financial Fair Play karena dalam 10 tahun terakhir, sepakbola telah berubah secara dramatis dalam hal perilaku keuangan dan karenanya kami harus menemukan cara yang berbeda.”

Walau tidak sepakat dengan hasil kasus City, Rummenigge tetap menyampaikan ucapan selamat kepada klub atas kembalinya mereka ke Liga Champions.

“Selamat kepada rekan-rekan Manchester City bahwa mereka dapat berpartisipasi di Liga Champions tahun depan dan seterusnya juga,” kata pria 64 tahun tersebut. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Bursa Transfer Musim Dingin : Padat, Singkat Dan Menegangkan!

Jakarta – Sebentar lagi akan digelar bursa transfer musim dingin, pada Januari 2022 mendatang. Bursa ...