Home > Belanda > Kontrak Pemain Keturunan Indonesia Ini Tak Diperpanjang Klub Belgia

Kontrak Pemain Keturunan Indonesia Ini Tak Diperpanjang Klub Belgia

Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh resmi dilepas klub Liga Belgia Zulte Waregem dan akankah tim Liga 1 2020 berminat meminang? Pemain bek sayap kanan itu sudah dilepas Zulte Waregem sejak 1 Juli 2020. Pemain yang baru berusia 25 tahun itu tidak diperpanjang oleh manajemen klub.

Kabar itu terpampang jelas dalam kolom klub Sandy Walsh di situs penyedia statistik pemain sepak bola internasional, yaitu Transfermarkt. Pada musim terakhir membela Zulte Waregem, Sandy Walsh mencatatkan sembilan penampilan dan satu assist di Jupiler Pro League. Lalu mentas empat kali di Beker van Belgie.

Calon pemain naturalisasi Indonesia ini digaet Zulte Waregem pada awal 2017/18. Total Sandy Walsh membuat 80 penampilan tiga gol dan empat assist dalam tiga musim. Jebolan tim nasional Belanda U-20 itu sebelumnya sempat membela sesama klub Belgia, KRC Genk dari 2012/13 usai dipromosikan dari tim cadangan ke skuat utama.

Selama hampir lima musim, Sandy Walsh ikut merasakan gelar juara Belgian Cup 2013 dan juga membuat dua gol serta enam assist dari 75 pertandingan di semua ajang.

Tidak hanya itu, walau lahir di Belgia, tapi Sandy Walsh memiliki paspor Belanda dan sempat membela tim nasional Negeri Kincir Angin itu pada kelompok umur. Mulai dari Belanda U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-20. Bahkan pada U-17, dirinya mengantarkan Belanda meraih gelar Piala Eropa U-17 pada 2012 silam.

Sekarang teka-teki masa depan Sandy Walsh masih belum jelas. Karena dikabarkan belum ada klub yang mengontaknya untuk bergabung pada musim 2020-21. Hal ini bisa menjadi sebuah peluang bagi kontestan Liga 1 2020 yang ingin mengamankan jasa Sandy Walsh yang kualitasnya tak perlu diragukan.

Terlebih bek yang memiliki darah Indonesia dari Kakek dan Ibunya itu bisa dibawa secara cuma-cuma dan hanya perlu negosiasi soal gaji dan bonus. Walau begitu menurut situs yang sama, market value (harga pasar) Sandy Walsh mencapai Rp8,7 miliar (550 ribu euro) per 8 April 2020.

Ingin Segera Jadi WNI

Sebelumnya, Sandy Walsh mengaku ingin sekali segera menyangdang status Warga Negara Indonesia (WNI). Dirinya tertarik sekali untuk bisa membela Skuat Garuda. Walau begitu pemain kelahiran 14 Maret 1995 ini mengaku kalau jadi bagian dari Timnas Indonesia bukan karena uang dan hal itu bisa beda cerita.

“Sebuah kebanggan kalau bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Dukungan yang saya terima itu jauh lebih dari apapun,” kata Sandy dalam channel You Tube BangBes.

Dikabarkan juga kalau Sandy Walsh sedang berusaha mengajukan proses naturalisasi. Situasi ini tentu akan menguntungkan klub Liga 1 demi mengurangi slot pemain asing.

x

Check Also

Prediksi Barcelona vs Napoli, Liga Champions 9 Agutus 2020

Barcelona akan berhadapan dengan Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2019/20, Minggu ...