Home > Berita Liga Inggris > Guardiola : “Marcelo Bielsa Lakukan Pekerjaan Luar Biasa”

Guardiola : “Marcelo Bielsa Lakukan Pekerjaan Luar Biasa”

London – Pep Guardiola menyampaikan respek untuk Marcelo Bielsa usai pelatih Leeds United itu mengantar timnya merengkuh gelar Liga Championship Inggris, dengan ia mendeskripsikan sosok senior itu sebagai kehadiran “unik” untuk dunia sepakbola.

Eks juru racik Chile, Athletic Bilbao, dan Marseille itu menjadi pahlawan di Yorkshire Barat usai membantu The Whites kembali ke Liga Primer Inggris, menyudahi pengasingan 16 tahun dari kompetisi papan atas.

Gelar Championship menjadi raihan domestik pertama buat Bielsa selama lebih dari dua dekade, dengan medali terakhirnya di level klub dipetik pada 1998 di Divisi Primera Argentina bersama Velez Sarsfield.

Namun nahkoda tim berusia 64 tahun itu telah lama menjadi tokoh yang disanjung dan favorit bagi banyak pelatih, termasuk Pep.

Pep sendiri telah lama meneladani pria asal Argentina tersebut, usai sempat meminta nasihatnya sebelum berkiprah ke dunia pelatihan. Ia mengaku senang bahwa teman lamanya itu akan bergabung dengannya di Liga Primer musim depan.

“Dia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa,” kata Pep di sesi konferensi pers jelang laga tandang ke markas Watford.

“Mereka luar biasa musim lalu namun waktu itu gagal promosi. Mereka menunjukkan banyak karakter untuk promosi setahun kemudian. Kami tahu betapa sulitnya itu untuk memenangkan Championship dan sampai ke Liga Primer, jadi selamat [buat dia].”

Mengenai koleksi trofi Bielsa yang relatif sedikit – dia juga mendulang Medali Emas Olimpiade dari masa jabatannya di Argentina – Pep menegaskan bahwa pengaruh mantan juru formasi Albiceleste itu sangat berarti bagi generasi pemain dan pelatih.

“Saya bukan pemainnya, jadi sulit untuk membicarakannya. Tapi saya tahu dia dari seratus juta pemain yang bersamanya,” tambah Pep.

“Saya cukup beruntung memiliki kesempatan untuk berbicara dengannya. Dia unik . . . . . . di kancah sepakbola dunia karena dia bermain dengan cara khusus. Dia adalah manajer yang otentik. Tidak ada manajer lain di dunia yang bermain dengan cara seperti dia.

“Dia adalah pribadi yang luar biasa. Dia sangat istimewa. Ini adalah pendapat saya pribadi, tetapi akan luar biasa bagi sepakbola Inggris untuk memilikinya di Liga Primer musim depan.”

Periode Pep bersama Barcelona, Bayern Munich dan City menjadikan dia punya banyak pengalaman dalam hal meraih gelar. Namun, ia merasa rentetan keberhasilan itu tidak bisa dibandingkan dengan apa yang telah diciptakan Bielsa selama kariernya.

“Memenangkan gelar membantu [para manajer untuk] memiliki pekerjaan di musim berikutnya, tetapi pada akhir hidup Anda, yang Anda ingat bukanlah gelar yang telah Anda menangkan, yang Anda ingat adalah kenangan yang Anda miliki dan apakah manajer mengajari Anda banyak hal,” katanya.

“Saya mengalami malam yang buruk setelah pertandingan Arsenal tetapi lusa, itu akan dilupakan. Jika Anda memenangkan gelar, itu sama. Anda pasti memiliki malam hari tetapi lusa, itu akan dilupakan.

“Yang kami ingat adalah pengalaman dan kenangan, dari para pemain yang Anda miliki, para manajer yang Anda miliki. Marcelo berada di urutan teratas dalam daftar tersebut. Dia benar-benar berada di daftar teratas.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

wolves vs Manchester United

Manchester United Bawa Pulang 3 Poin Usai Kalahkan Wolves 1-0

Manchester- Dalam laga pekan ke-3 EPL 2021/22 ini Manchester United sukses membawa pulang tiga poin ...