Home > Berita Bola > Andritany Ardhiyasa Ungkap Peran Kiper di Era Sepakbola Modern

Andritany Ardhiyasa Ungkap Peran Kiper di Era Sepakbola Modern

Kiper Persija Jakarta sekaligus mantan penjaga gawang Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa menjadi mentor untuk para juniornya dalam program “Become A Pro”. Diskusi virtual itu diinisiasi oleh manajemen tim ibu kota.

Pada kesempatan itu, Andritany mengungkapkan sejumlah tugas yang harus diemban seorang kiper di era sekarang. Selain bertugas menghindari gawang dari kebobolan, mereka juga harus bisa memulai sebuah serangan.

“Saat ini seorang kiper dituntut membantu tim dalam menyerang. Seperti memberi umpan matang ke bek, gelandang, atau bahkan penyerang,” kata Andritany, Sabtu (25/7/2020).

“Jadi kita harus memiliki ketenangan dan dapat mengusir rasa gugup,” kata penjaga gawang yang pada 26 Desember nanti akan berusia 29 tahun ini.

Andritany lalu memberikan beberapa pesan untuk para penerusnya. Bila ingin menjadi penjaga gawang sukses, salah . . . . . . satunya harus bisa berkoordinasi dengan pemain lain.

“Menjadi kiper kita harus memiliki teknik komunikasi yang baik. Saya saat mengawali karier di Persija bekerjasama dengan bek senior seperti Ismed Sofyan, Precious, Fabiano, dan Leo Saputra,” katanya.

“Walau begitu saya tidak sungkan untuk berkomunikasi dengan mereka. Intinya juga harus ada kedekatan di luar lapangan,” kata Andritany.

x

Check Also

Asnawi Mangkualam Tegaskan Untuk Tidak Meniru Sikap Tidak Sportifnya

Jakarta – Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mengaku dirinya sempat berlaku tidak sportif kepada pemain ...