Home > Berita Bola > Yeyen Tumena Anggap Fakhri Husaini Pantas Besut Timnas Indonesia U-19

Yeyen Tumena Anggap Fakhri Husaini Pantas Besut Timnas Indonesia U-19

Mantan asisten pelatih timnas Indonesia, Yeyen Tumena, mengungkapkan kalau Fakhri Husaini layak kembali menakhodai timnas U-19 Indonesia. Pernyataan itu merupakan buntut kisruh yang menimpa PSSI dan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, belakangan ini. Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan terancam untuk dilengserkan apabila tidak memenuhi panggilan dari PSSI.

Kondisi ini tentu menimbulkan spekulasi terhadap masa depan Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Yeyen Tumena, yang saat ini memjabat Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), mengatakan Fakhri Husaini layak menggantikan posisi Shin Tae-yong di timnas U-19 Indonesia. Seperti diketahui Fakhri Husaini merupakan sosok pelatih yang membawa timnas U-19 Indonesia lolos ke Piala Asia U-19 tahun ini.

“Bukan pantas lagi, dia yang membentuk tim itu sampai lolos (ke Piala Asia) walaupun persiapan tidak sampai satu tahun. Tapi, saya lihat malah ada anak bangsa yang sukses kemudian tidak dihargai,” kata Yeyen Tumena dilansir dari Warta Kota.

Tapi, saat ini Fakhri Husaini sudah menjalin kerja sama dengan tim PON Aceh yag merupakan kampung halamannya. Yeyen Tumena juga menyinggung soal PSSI yang hanya menawarkan posisi asisten pelatih kepada Fakhri Husaini saat penunjukan pelatih timnas. PSSI . . . Gabung . . . saat itu memang memberikan mandat kepada Shin Tae-yong untuk memegang seluruh strata usia timnas.

“Kalau pun masih mau menghargai Coach Fakhri jangan begitu caranya, malah ditawari jadi asisten pelatih.”

“Coach Fakhri sukses membentuk timnas U-19 Indonesia. Seharusnya Coach Fakhri diberi kesempatan untuk membentuk timnas baru lagi, misalnya U-18. Itu jauh lebih terhormat daripada dia dilempar ke asisten pelatih kemudian pemainnya itu-itu saja. Mau taruh di mana mukanya,” katanya.

Shin Tae-yong sendiri masih memiliki komitmen dengan tugasnya di Indonesia. Ia mangaku masih ingin menyelesaikan kewajibannya mengantarkan kemajuan bagi sepak bola Indonesia.

“Yang utama adalah rakyat Indonesia ingin melihat kemampuan timnas meningkat dan meraih prestasi. Saya berharap kita semua dapat menciptakan momen yang menyenangkan bersama-sama,” kata Shin Tae-yong.

x

Check Also

Mantan Asisten Pelatih Timnas Indonesia Kini Tangani Klub Korea Selatan

Jakarta – Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun, yang mengundurkan diri pada pertengahan Desember ...