Home > Berita Liga Indonesia > Sudjarno Jelaskan Soal Petinggi PT LIB Yang Rangkap Jabatan di PSSI

Sudjarno Jelaskan Soal Petinggi PT LIB Yang Rangkap Jabatan di PSSI

Jakarta – Leo Siegers dan Andogo Wiradi, didaulat sebagai komisaris baru PT Liga Indonesia Baru (LIB). Direktur operasional operator kompetisi tersebut Sudjarno, menyampaikan penjelasan mengenai hal itu.

Rilis terkait Leo dan Andogo yang menempati jabatan tersebut saat PT LIB melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), akhir pekan kemarin. Selain mereka, juga diumumkan Akhmad Hadian Lukita, menjadi direktur utama, dan Juni Rahman, menjabat komisaris utama.

Sebelum menjabat sebagai komisaris PT LIB, Leo dan Andogo berkiprah sebagai staf khusus ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. Mereka menggantikan posisi Hasani Abdulgani serta Hakim Putratama, yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

Sudjarno menuturkan bahwa Leo dan Andogo, tidak masuk secara tiba-tiba ke PT LIB. Mereka harus lebih dulu melakoni beberapa tahapan seleksi yang dilakukan PSSI secara internal.

“Kami di PT LIB ini hanya diberikan mandat untuk menyelenggarakan RUPS. Hasil [dari seleksi internal PSSI] diajukan dan dibawa ke RUPS PT LIB,” kata Sudjarno saat dihubungi awak media.

Tak hanya itu, Sudjarno menyebut bahwa PSSI . . . Gabung . . . memiliki keistimewaan di PT LIB, meski hanya memegang saham satu persen. Hal tersebut karena federasi sepakbola nasional tersebut punya saham golden share, sehingga memiliki hak veto dalam membuat kebijakan.

“PSSI selaku pemegang saham Kelas A, mereka berhak untuk mengajukan calon direksi dan calon komisaris. Sesuai dengan Pasal 5 Anggaran Dasar Perseroan Terbatas, PSSI berhak dengan hal tersebut sesuai mekanisme seleksi mereka,” ujarnya.

“PT LIB bukan kapasitas dalam mencari calon. Yang mencari calon itu PSSI dengan teknik mereka secara internal, seleksi internal, dan didapat hasil calon-calon yang ada di RUPS,” ia menambahkan. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

APPI Siap Bela Profesi Pemain, Kumpulkan Aspirasi Pemain

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) diberitakan menggelar pertemuan dengan perwakilan pemain dari seluruh klub Liga ...