Home > Berita Bola > Southgate Menyebut Ada Diskriminasi Dalam Dunia Kepelatihan Sepakbola

Southgate Menyebut Ada Diskriminasi Dalam Dunia Kepelatihan Sepakbola

London – Arsitek timnas Inggris Gareth Southgate ingin sepakbola terbebas dari masalah keistimewaan orang kulit putih. Ia menyebut telah menyaksikan terhalangnya karier para juru racik berkulit hitam dan ingin agar situasi ini berubah.

Seiring dengan merebaknya aksi antirasisme di seluruh dunia usai kematian pria Minneapolis berkulit hitam, George Floyd, kini diskriminasi rasial dalam dunia sepakbola giliran mendapat sorotan.

Beberapa waktu lalu, penyerang Manchester City Raheem Sterling menyampaikan bahwa rasisme adalah isu paling penting yang dihadapi masyarakat saat ini. Sterling menyebut mantan defender Timnas Inggris, Sol Campbell dan Ashley Cole, mendapat halangan lebih besar saat merintis kariernya sebagai juru racik dibanding rekan seangkatan mereka yang berkulit putih, Frank Lampard dan Steven Gerrard.

Southgate menuturkan karier yang terhalang di dunia sepakbola hanya karena seseorang berkulit hitam adalah ‘kejahatan terbesar’. Ia mendorong adanya kesempatan yang sama untuk semua orang.

“Saya pikir Ashley Cole berkembang sangat baik dan sejalur dengan apa yang Steven GErrard lakukan. Steven juga bekerja di akademi Liverpool selama beberapa tahun,” kata Southgate.

“Pada skala yang lebih . . . Gabung . . . luas, kita tidak memiliki representasi itu [orang kulit hitam sebagai pelatih]. Kejahatan terbesar adalah ketika kehidupan generasi muda tak bisa mencapai cita-cita tertentu karena mereka tidak mendapatkan kesempatan yang setara.”

“Saya mendengar Jermain Defoe mengeluhkan hal serupa beberapa hari yang lalu. Kita harus mencegah seseorang untuk berpikir bahwa mereka tidak bisa mencapai sesuatu, karena itu membuat mereka berhenti untuk berusaha.”

“Kita harus memastikan selalu ada peluang bagi seseorang yang memang punya kualitas dan mampu. Tentu saja, mereka kemudian tetap menangkap peluang itu. Jika mereka melakukannya dengan baik, mereka akan menjadi contoh untuk generasi berikutnya bahwa cita-cita tersebut bisa diraih.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Lampard

Lampard Masih Pikirkan Fans The Blues Usai Dipecat Chelsea

London – Frank Lampard dipecat Chelsea dari posisi manajer di pertengahan musim ini. Pemecatan itu ...