Home > Timnas Indonesia > Satgas Tim Nasional Gusar Dengan Pernyataan Shin Tae-Yong

Satgas Tim Nasional Gusar Dengan Pernyataan Shin Tae-Yong

Jakarta – Usulan Shin Tae-yong yang berharap pemusatan latihan (TC) tim nasional dilakukan di Korea Selatan akibat melonjaknya jumlah kasus wabah virus Corona di Indonesia membuat ketua satuan tugas (Satgas) timnas Syarif Bastaman geram.

Seperti diketahui timnas di tiga kelompok usia bakal tampil di event kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala AFF, Piala Asia U-19, dan Piala Asia U-16 sepanjang akhir tahun ini.

Tae-yong menginginkan timnas melakoni TC di Korsel, karena Negeri Ginseng relatif lebih aman ketimbang Indonesia dalam penyebaran virus Corona. Sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan, jumlah kasus pandemi virus Corona di Indonesia mengalami peningkatan cukup tinggi.

Syarif menyebut, Tae-yong harusnya konsisten dengan rencananya dalam mempersiapkan timnas, dan mengikuti arahan PSSI, sehingga tidak perlu menawarkan lokasi TC lain dengan alasan kasus pandemi meningkat.

“Kalau mau menunjukkan upaya terbaik, artinya tidak ada ruang untuk negosiasi. Ikuti saja apa yang diminta oleh pemberi pekerjaan dalam hal ini PSSI,” cetus Syarif diwartakan laman Antara.

“Memangnya di Korea tidak ada COVID-19? Seluruh dunia juga ada COVID-19. Kita tidak lebih rendah dari orang Korea. Saat ini kita harus mempunyai sense of urgency, karena Piala Dunia U-20 sudah dimulai tahun 2021.”

Hal serupa juga disampaikan Endri Erawan. Anggota komite eksekutif PSSI ini . . . Gabung . . . menyebut tidak memungkinkan seluruh timnas diterbangkan ke Korsel dalam waktu bersamaan. Terlebih karakteristik ketiga timnas tersebut berbeda.

Endri merasa heran Tae-yong mulai mempersoalkan lokasi TC, karena eks juru racik Korsel di Piala Dunia 2018 itu sebelumnya telah menyampaikan tiga opsi yang salah satunya akhirnya dipilih PSSI.

“Shin Tae-Yong memberikan tiga rencana ke kami yaitu rencana A, B dan C. Untuk rencana A dan C itu TC di Korea Selatan pada Juli juga September 2020. Lalu plan B, TC berlangsung di Jakarta, dan itulah yang kami pilih,” jelas Endri.

“Kalau salah satu timnas dibawa ke Korea, misalnya timnas U-19, maka satu timnas lain yang berada di Jakarta tidak akan terpegang. Yang paling efektif itu TC di Indonesia. Kalau soal COVID-19, nanti kami akan mencari zona hijau di sini, mungkin di Yogyakarta atau Bali.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Alasan Shin Tae-yong Balik ke Korea Selatan Ternyata Bukan Karena Kesehatan

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan kembali ke Korea Selatan untuk beberapa waktu ...