Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Samuel Eto’o Menilai Ada Yang Berubah Dari Messi

Samuel Eto’o Menilai Ada Yang Berubah Dari Messi

Samuel Eto’o dan Lionel Messi sama-sama memperkuat Barcelona dalam periode 1 Juli 2005 sampai 27 Juli 2009. Kolaborasi Eto’o dan Messi menghasilkan delapan trofi untuk Barcelona. Mereka membawa El Barca menjuarai Liga Spanyol (3 kali), Piala Super Spanyol (2), Liga Champions (2), dan Copa del Rey (1).

Saat Eto’o meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan Inter Milan, Messi baru berusia 22 tahun. Tapi, Messi sudah bisa membagi tugas dengan Eto’o dalam menghasilkan banyak gol untuk Barcelona. Pada 2009, Barcelona menyapu bersih seluruh kompetisi dengan kemenangan.

Samuel Eto’o menjadi top scorer Barcelona di Liga Spanyol dengan 30 gol. Adapun Lionel Messi mengukir 23 gol di kompetisi kasta tertinggi Negeri Matador. Walau kalah produktif di LaLiga, Messi menjadi top scorer Barcelona di Liga Champions (9 gol) dan Copa del Rey (6). Catatan gol Eto’o kalah telak daripada Messi, baik di Liga Champions (4 gol) maupun Copa del Rey (0).

Pada musim 2009-2010, Eto’o dan Messi berduel dengan kostum berbeda dalam pertandingan semifinal Liga Champions. Dalam pertandingan dengan sistem dua leg itu Inter Milan sukses menyingkirkan Barcelona dengan agregat 3-2. Samuel Eto’o akhirnya berhasil mengantarkan Inter Milan menjadi kampiun Liga Champions 2010 walaupun tidak bersama Lionel Messi.

Sekarang Eto’o . . . Gabung . . . terus memantau karier Messi. Pria berusia 39 tahun ini pun menjawab pertanyaan soal skuad Barcelona sekarang yang dinilai terlalu bergantung kepada Messi. Samuel Eto’o juga menyampaikan pandangannya terkait perubahan mencolok Messi dari segi kecepatan.

“Hal itu normal,” kata Samuel Eto’o seperti dikutip dari MARCA.

“Messi adalah pemain terbaik di dunia dan terbaik sepanjang masa.”

“Saya selalu bertanya kepada Messi, siapa pemain yang dia inginkan untuk berada di timnya.”

“Setiap tim di dunia menginginkan Messi. Maka, Anda harus memberi dia dukungan.”

“Dia tidak bisa lagi berlari seperti anak berusia 25 tahun, walaupun terkadang dia masih berlari.”

“Apa yang harus kita lakukan sebagai penggemar Barcelona adalah memberikan dia tim terbaik di dunia untuk membuat dia terus menikmati sepak bola.”

“Messi harus bermain sampai berusia 70 tahun agar kita bisa lebih lama menikmatinya,” kata Eto’o melanjutkan.

x

Check Also

Momen Terbaik Dani Carvajal Bersama Real Madrid

David Carvajal sudah menjalani banyak momen bersama Real Madrid. Bukan hanya tentang momen sulit, Carvajal ...