Headline
Home > Berita Liga Indonesia > PSSI Izinkan Klub Hanya Bayar 50 Persen Gaji Pemain

PSSI Izinkan Klub Hanya Bayar 50 Persen Gaji Pemain

Jakarta – Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bakal dilanjutkan lagi pada Oktober 2020, di tengah wabah virus corona. Tak hanya dua kompetisi profesional tersebut, Liga 3 yang adalah kompetisi amatir juga akan digelar pada Oktober.

Hal itu disampaikan oleh PSSI pada akhir pekan kemarin, dan mereka telah merilis surat baru untuk kelanjutan kompetisi, menggantikan surat sebelumnya soal penghentian kompetisi karena wabah virus corona, dengan status keadaan darurat.

Saat kompetisi dihentikan 16 Maret lalu, PSSI hanya meminta klub membayar gaji sebesar 25 persen kepada pemain, pelatih dan ofisial. Kebijakan itu berlaku selama keadaan kahar, periode Maret hingga Juni.

Seiring dengan keputusan kompetisi akan diputar lagi, PSSI akan merevisi soal gaji tersebut. Menurut Moch. Iriawan selaku ketua umum, klub tidak diwajibkan untuk membayarkan gaji secara penuh, karena situasi pandemi belum mereda.

“Nanti disesuaikan. Setelah surat ini dikeluarkan, nanti akan diskusi kembali antara pemilik klub dengan para pelatih dan pemain. Nanti ada dasar dari PSSI antara 50 sampai 60 persen ketika bergulir,” beber Iriawan kepada awak media.

“Karena buat pemain dan pelatih, daripada kompetisi tidak bergulir maka lebih baik bergulir. Sekarang karena situasi tanpa penonton, tentu pemasukan dari klub juga tidak seperti biasa. Apalagi klub-klub besar seperti Arema, Persebaya, Persib, Persija. Itu kan pemasukan dari tiket cukup besar,” sambungnya.

Walau demikian, Iriawan mengatakan masih akan coba disempurnakan bagaimana aturan soal gaji pemain dan pelatih ini. Semua klub, Liga 1 dan Liga 2, akan kembali memberikan korespondensi soal bagaimana kompetisi akan dilaksanakan kembali.

“Ini nanti akan didiskusikan kembali lebih lanjut. Tapi kami sudah punya garisan berkaitan dari kompensasi atau kewajiban dari klub kepada pelatih dan pemain. Sudah ada, di dalam surat [keputusan untuk klub] itu sudah saya buat. Termasuk 50 persen, 60 persen,” tutup Iriawan. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Berkarir di Serbia, Nikola Asceric Berikan Wejangan Untuk Witan Sulaiman

Seperti diketahui, Witan Sulaiman merupakan pesepak bola asal Indonesia yang sekarang sedang merumput di Liga ...