Home > Berita Bola > Pemain Malaysia Minim Merumput di Indonesia, Safee Sali Berikan Alasannya

Pemain Malaysia Minim Merumput di Indonesia, Safee Sali Berikan Alasannya

Jakarta – Sangat sedikit pemain Malaysia yang mencoba merumput dan berkarier di Indonesia. Satu-satunya nama dari Negeri Jiran yang diingat pernah berlaga di sepakbola di Indonesia adalah Safee Sali.

Safee menjadi mesin gol yang disegani oleh timnas Indonesia pada Piala AFF 2010, di Indonesia. Dengan kata lain, mimpi Indonesia untuk menjadi juara Piala AFF kala itu terjegal karena gol Safee di babak final.

Usai menjadi bintang bagi Harimau Malaysia, Safee pun mendapat tawaran dari Pelita Jaya untuk berkarir di Indonesia, pada musim 2011/12. Dua musim di Tanah Air, Safee menceploskan 38 gol dari 42 pertandingan.

Menurut Safee, ada kemungkinan pemain Malaysia merasa ‘takut’ untuk mencoba mengikuti jejaknya berkarier di kompetisi Indonesia. Secara kualitas, Liga Indonesia juga dianggap masih kalah kelas dari Malaysia.

“Menurut pendapat saya, para pemain Malaysia tidak pergi ke sana [Indonesia] karena cara mereka berpikir. Dalam pikiran mereka, mereka berpikir apa gunanya pergi ke Indonesia?,” ucap Safee dalam wawancaranya dengan Goal Malaysia.

“Atau, mereka mungkin berpikir bahwa secara komparatif, Malaysia memiliki standar liga yang lebih tinggi. Tapi saya pikir, kebanyakan tidak melakukannya, karena mereka takut,” sambung eks Johor Darul Ta’zim . . . Gabung . . . tersebut.

Menurut Safee pribadi, bukan keputusan yang mudah menerima pinangan dari klub Indonesia selepas dirinya menghempas mimpi Merah-Putih menjadi juara Piala AFF. Namun, ia mempertimbangan soal tantangan yang harus dijalani dalam kariernya.

Rasa nyaman itulah yang menurut Safee, harus coba dihapus dalam diri pemain Malaysia, untuk mencoba menapaki karier di luar negeri, bahkan Indonesia sekali pun.

“Mereka [pemain Malaysia] merasa nyaman, dan tetap di Malaysia, mereka takut meninggalkan zona nyaman itu,” ungkap sosok 36 tahun itu.

“Mereka tidak siap untuk mengambil langkah berikutnya, dan mencari peningkatan dalam permainan mereka, yang dapat terjadi karena semua tantangan yang datang dengan bermain di luar negeri, bahkan di liga yang dapat dianggap kualitasnya sedikit lebih rendah daripada kita,” urainya menambahkan. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Starting XI Terbaik Tahun 2020/2021, Ada Messi Dan Mbappe

Musim 2020/2021 sudah usai. Bahkan, sekarang seluruh tim peserta kompetisi sudah menyongsong musim 2021/2022. Sepanjang ...