Home > Berita Bola > Pelatih Persib Sarankan Indonesia Bangun Banyak Lapangan Indoor

Pelatih Persib Sarankan Indonesia Bangun Banyak Lapangan Indoor

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, berpendapat kalau pemain yang punya kemampuan bagus lahir dari fasilitas yang bagus juga. Sayangnya, keadaan ideal itu masih sulit terwujud di Indonesia. Banyak lapangan di Indonesia yang berada di bawah standar FIFA dan tergolong jelek.

Bukan hanya karena biaya pembuatan yang memakan anggaran, perawatan stadion berstandar FIFA juga membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, jamak ditemukan klub-klub profesional sekalipun terpaksa menggunakan lapangan yang buruk untuk berlatih.

“Pemain dengan teknik bagus lahir dari fasilitas latihan yang bagus,” kata Robert Alberts dilansir dari Tribun Jabar.

“Mereka harus belajar menguasai bola sejak usia sangat muda tapi di lapangan yang jelek, sulit bagi mereka untuk mengembangkan teknik olah bolanya,” kata Robert.

Robert pun punya satu usulan untuk mengakali biaya pembuatan dan perawatan stadion berstandar FIFA yang tidak murah. Pelatih asal Belanda itu mengajukan ide supaya Indonesia banyak membangun stadion indoor yang menggunakan rumput sintetis untuk membina pemain muda.

“Kalau kami mempunyai fasilitas indoor dan lapangan sintetis, kami bisa memulai program itu,” kata Robert.

“Saya . . . Gabung . . . sudah lama mempromosikan lapangan artifisial, bukan untuk tim senior tapi bagi pembinaan sepak bola,” katanya.

Keberadaan lapangan indoor tentu akan menjadi salah satu jawaban bagi permasalahan cuaca yang sering menjadi hambatan di Indonesia. Dengan berlatih di lapangan indoor, para pemain tetap dapat menjalani latihan walau cuaca sedang tidak bersahabat, baik karena panas ataupun hujan.

“Dan juga dengan lapangan artifisial, program latihan bisa dilakukan secara konstan, tidak peduli cuaca seperti apa.”

“Perawatannya kalau menggunakan lapangan artifisial sangat minimal dan juga kalau merawat dengan baik, bisa digunakan untuk 15-20 tahun pembinaan. Jadi pembinaan talenta bisa terus berlanjut,” katanya.

x

Check Also

Pelatih Persib Bandung Bandingkan Nasib Kompetisi Sepak Bola di Indonesia dan Malaysia

Bandung – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku tidak mengerti dengan kondisi sepak bola ...