Home > Berita Liga Indonesia > Pelatih Persebaya Bersedia Lanjutkan Kompetisi Jika Tak Ada Lagi Pandemi

Pelatih Persebaya Bersedia Lanjutkan Kompetisi Jika Tak Ada Lagi Pandemi

Surabaya – Arsitek tim Persebaya Surabaya Aji Santoso menyampaikan persyaratan yang harus dilakukan PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) jika ingin menggelar lagi Liga 1 musim ini.

PSSI sejauh ini belum membuat keputusan soal kelanjutan kompetisi musim 2020. Organisasi sepakbola nasional tersebut baru sebatas menerima masukan dari klub Liga 1 dan 2 dalam pembicaraan secara virtual.

Sejumlah kalangan berpendapat kebijakan tatanan kehidupan baru membuka kans sepakbola berjalan lagi. Namun Aji menegaskan, New Normal tidak menjamin pemain, pelatih, maupun ofisial terhindar dari serangan virus Corona. Ditambah New Normal tak sesuai dengan karakter sepakbola.

“Dari saya pribadi, kompetisi boleh dilanjutkan kalau kondisi benar-benar aman. Sudah tidak ada pandemi lagi. Itu syarat mutlak. Akan sangat bahaya bagi para pemain [kalau pandemi belum berakhir],” tegas Aji diwartakan laman Jawa Pos.

“Misal kalau tim sedang latihan, masak iya pemain harus jaga jarak satu . . . Gabung . . . sampai dua meter? Terus kalau mau merebut bola bagaimana?”

“Jika pandemi benar-benar sudah teratasi, turnamen tak lantas bisa langsung dimulai. Tim kan butuh persiapan. Latihan juga baru bisa dimulai kalau pandemi sudah benar-benar tuntas.”

Aji juga tidak setuju jika kompetisi berlangsung tanpa penonton seperti yang diterapkan di Bundesliga Jerman. Menurutnya, kehadiran penonton di tribune memberikan atmosfer berbeda bagi tim.

“Jadi seperti sayur tanpa garam, aura persaingan kompetisi hilang [jika digelar tanpa penonton], jauh dari kenyataan,” imbuh Aji. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Zainudin Amali Tantang Raffi Ahmad Sumbang Pemain di Olimpiade 2032

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berkesempatan memberikan motivasi kepada para atlet Indonesia ...