Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Optimisme Fakhri Husaini Soal Peluang Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia

Optimisme Fakhri Husaini Soal Peluang Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia

Jakarta – Fakhri Husaini menyampaikan keinginannya agar timnas Indonesia U-20 mampu membuktikan diri di Piala Dunia U-20 2021, yang akan digelar di Indonesia. Menurutnya, pemain muda Indonesia memiliki kualitas yang cukup untuk bisa bersaing di level dunia.

Hal itu disampaikan Fakhri kepada Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, pada channel Youtube Hanif & Rendy Show. Fakhri yang pernah membesut timnas Indonesia U-19, berharap Indonesia bisa membuktikan diri pada Piala Dunia U-20 nanti.

“Yang pertama percayalah sama anak putra asli Indonesia. Jangan menggantungkan nasib sepakbola kepada pemain naturalisasi, itu tidak harus jadi prioritas. Kalau untuk musia muda, 19-20 tahun, saya yakin kita masih sanggup untuk menghadapi tim mana pun juga,” beber Fakhri.

“Tapi syaratnya harus punya standar latihan yang tinggi, tim itu juga harus disiapkan secara matang, tentu aspek segala kebutuhan tim harus diperhatikan semua. Kita punya refrensi, karena banyak juara dunia itu di usia muda banyak dari negara yang tidak kita tahu,” sambung dia.

Menilik dari sejarah, negara-negara yang tidak terlalu menonjol di level senior memang bisa mencuat sebagai juara Piala Dunia U-20. Tercatat hal itu pernah diwujudkan Ghana pada 2009, Serbia pada 2014, dan terbaru Ukraina pada tahun lalu, dengan menumbangkan Korea Selatan pada babak final.

“Artinya kita belajar dari pengalaman Piala Dunia U-20, bahwa banyak negara yang juara itu bukan dari negara yang hebat di . . . Gabung . . . tim sepakbola senior. Pribadi saya merasa U-16, U-18, U-20, kita masih punya peluang. Asal kita bisa mempersiapkan tim itu sebaik mungkin, dengan standar latihan yang tinggi. Bukan mustahil kita bisa berprestasi di level itu,” urai Fakhri.

Eks kapten timnas Indonesia ini juga memiliki keyakinan bahwa Indonesia tidak kekurangan stok pemain di usia muda. Sumber pembinaan pemain muda saat ini jumlahnya sudah jauh lebih banyak dibanding masa lampau, seperti keberadaan tim Elite Pro Academy milik klub-klub Liga 1.

“Sumber pemain kita kan sudah ada, dari kompetisi Elite Pro, kemudian tim liga yang punya pemain di bawah U-20, itu juga kan ada. Saya yakin Arema pun punya kelahiran pemain 2001. Kita masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim U-20 itu dengan baik.”

“Kalau misalnya secara prestasi kita belum bisa tampil sesuai harapan, paling tidak secara tuan rumah kita sudah bisa memperlihatkan sebagai tuan rumah yang baik. Saya harap sih, kita bisa memperlihatkan keduanya.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Salut, Universitas di AS Tawari Pemain Timnas U-19 Indonesia Beasiswa

Jakarta – Pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, kabarnya mendapat tawaran beasiswa jalur prestasi olahraga ...