Home > Berita Liga Inggris > Mengapa Akuisisi Newcastle United Oleh Arab Saudi Belum Disahkan ?

Mengapa Akuisisi Newcastle United Oleh Arab Saudi Belum Disahkan ?

London – Liga Primer Inggris tidak akan terburu-buru membuat keputusan terkait rencana akuisisi yang diajukan oleh Newcastle United. Hal itu disampaikan oleh pimpinan eksekutif liga, Richard Masters.

Kerajaan Arab Saudi lewat Saudi Arabia’s Public Investment Fund (PIF), yang dipimpin oleh putra mahkota Mohammed bin Salman, saat ini sedang menanti izin dari Liga Primer untuk bisa merealisasikan pengambilalihan Newcastle seharga £300 juta dari pemilik saat ini, Mike Ashley.

Grup Saudi itu nantinya bakal menguasai 80 persen saham The Magpies, sementara sisanya 20 persen akan tetap menjadi milik PCP Capital Partners pimpinan Amanda Staveley dan pengusaha Inggris, Reuben bersaudara.

Hanya saja, wacana akuisisi Saudi memancing kontroversi, dengan rezim kerajaan negara tersebut dituding telah melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia.

Beredar juga tuduhan tentang pembajakan oleh televisi Saudi, beoutQ, yang dinilai secara ilegar menyiarkan sejumlah acara olahraga termasuk Liga Primer.

Masters sendiri menegaskan bahwa pihaknya tidak akan terburu-buru dan tidak ada tenggat waktu dalam pengambilan keputusan final.

“Saya tidak berpikir waktu . . . Gabung . . . adalah masalahnya di sini,” katanya kepada Sky Sports.” Saya tidak berpikir bahwa kami akan memiliki pandangan khusus tentang kapan hal-hal ini bisa diputuskan.”

“Yang perlu kami pastikan adalah bahwa semua proses [akuisisi] diikuti dengan benar dan ketika ada keputusan yang dibuat, maka itu adalah yang tepat.”

Saat ditanya soal sejumlah kontroversi seputar wacana akuisisi, termasuk tuduhan pembajakan hak siar, Masters menambahkan: “Saya tidak bisa membahasnya.”

“Akuisisi klub sepakbola adalah… proses yang sepenuhnya rahasia sehingga saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentang hal itu dan tidak bisa mengatakan apa pun untuk mengganggu diskusi mereka.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

premier league

Peraturan Baru Yang Berhubungan Dengan VAR Dan Penalti Dalam Premier League 21/22

Inggris – Menjelang berlangsungnya musim baru, akan ada yang baru didalam Premier League musim depan. ...