Home > Berita Liga Spanyol > Real Madrid > Marcelo Suarakan Black Lives Matter Lewat Selebrasi

Marcelo Suarakan Black Lives Matter Lewat Selebrasi

Madrid – Marcelo tampil sebagai pesepakbola terkini yang berlutut sebagai bentuk aksi solidaritas terhadap kampanye Black Lives Matter usai menceploskan gol bagi Real Madrid yang menang 3-1 atas Eibar, Senin (15/06/2020) dini hari WIB.

Gerakan demonstrasi meluas di Amerika Serikat (AS) dan telah merembet ke seluruh dunia usai kematian George Floyd di Minneapolis, dengan petugas polisi Derek Chauvin didakwa bersalah atas tindakan pembunuhan.

Sejumlah pemain telah menunjukkan dukungan terkait kampanye tersebut, dengan Weston McKennie, Jadon Sancho dan Marcos Thuram menyampaikan pesan tentang Black Lives Matters di Bundesliga dan orang-orang di Bayern Munich dan Borussia Dortmund juga mengirimkan pesan anti-rasisme sebelum laga.

Marcelo mengemas golnya pada menit ke-37, dalam pertandingan debut Madrid di La Liga musim ini usai kembali berlangsung sejak vakum mulai Maret lalu karena wabah virus corona, dan ia melakukan selebrasi berlutut sebagai bentuk penghormatan.

Sang bek kiri asal Brasil sebelumnya juga telah mendukung kampanye Anti-Rasisme, Kekerasan dan Diskriminasi yang digelar oleh FIFA, berpose mengenakan kemeja hitam bersama Gianluigi Buffon, Rio Ferdinand, Gerard Pique dan total 40 pemain top sepakbola di masa lalu dan kini turut menyebarkan gerakan tersebut.

“Sangat meyakinkan untuk melihat bahwa setiap hari semakin banyak legenda-legenda FIFA dan pemain profesional saat ini dari berbagai jenis kelamin, latar belakang ras dan agama menggunakan daya mereka untuk menggemakan . . . Gabung . . . pesan FIFA kepada para fans di seluruh dunia,” kata Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura.

“Sudah saatnya sorotan ditujukan kepada perlakuan terharap orang-orang berkulit hitam dan rasisme, serta kekerasan yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari mereka.”

“Kepada semua pemain yang terlibat, saya bangga dengan komitmen Anda untuk memperjuangkan hal yang benar dan saya mendorong agar yang lainnya mengikuti gerakan pesan penting ini dalam beberapa hari ke depan.”

Sebelum pertandingan, rekan setim Marcelo, Toni Kroos – yang juga mempersembahkan gol di pertandingan tersebut – mengatakan bahwa dukungan terhadap anti-rasisme itu juga harus ditunjukkan di La Liga.

“Saya membayangkan para pemain di Spanyol ingin menunjukkan solidaritas,” katanya kepada DAZN dan Goal. “Itu tidak bisa dikesampingkan dan tentu saja tidak terlarang.”

“Sungguh luar biasa bahwa sikap seperti itu masih terjadi. Tapi bagus jika sekarang kembali dipikirkan. Saya berharap bahwa kita dapat membantu mereka yang mengalaminya sampai batas tertentu.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Zidane

Kata Zidane Soal Rumor Bakal Tinggalkan Real Madrid

Madrid – Rumor pergantian pelatih kembali menyelimuti Real Madrid. Zinedine Zidane menegaskan tak akan keberatan ...