Home > Berita Bola > Liga 1 2020 Dipastikan Dipusatkan di Pulau Jawa

Liga 1 2020 Dipastikan Dipusatkan di Pulau Jawa

Secara resmi PSSI memutuskan Liga 1 kembali bergulir dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020. Akhir-akhir ini PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang menggodok berbagai regulasi yang akan diterapkan di kompetisi, salah satunya mengenai pertandingan Liga 1 yang akan berpusat di Pulau Jawa.

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Umum PSSI memberikan pilihan agar kompetisi diadakan berpusat di Pulau Jawa, dan beberapa klub pun menyambut positif hal itu. Menurut Mochamad Iriawan rencana memang Liga 1 dipusatkan di Pulau Jawa, tapi untuk saat ini masih terus dikomunikasikan dengan klub-klub di luar Jawa.

Lima klub yang berada di luar PulaU Jawa, yaitu PSM Makasssar, Persipura Jayapura, Barito Putera, Borneo FC, dan Persiraja Banda Aceh. Lima klub itu rencananya akan berkandang di Yogyakarta, Jawa Tengah dengan alasan untuk memudahkan transportasi darat.

“Beberapa klub sudah setuju satu dua klub akan kami komunikasikan karena berkaitan dengan transportasi seperi Papua, sekarang kan masih minim,” kata Mochamad Iriawan.

Untuk mewujudkan itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap agar dalam dua bulan kedepan penerbangan dari berbagai daerah sudah beroperasi. PSSI pun mengaku sudah menyiapkan apa saja yang dibutuhkan klub, bahkan saat ini Iwan Bule juga berkomunikasi dengan pemilik hotel di Yogyakarta.

“Mudah-mudahan dua sampai tiga bulan penerbangan sudah menggeliat . . . Gabung . . . kembali. Kami sudah akomodir dipusatkan mungkin nanti di Yogyakarta,” katanya.

“Kami sedang berkomunikasi dengan beberapa pemilik hotel di sana dan mereka bersedia membantu kelancaran kompetisi,” kata Iwan Bule.

Saat ditanya mengenai pemusatan itu, Iwan Bule menjelaskan bahwa faktor transportasi dinilai paling efisien untuk keadaan dengan adanya pandemi virus corona (Covid-19) ini. Dengan dipusatkan di Pulai Jawa, transportasi yang akan digunakan fokus pada jalur darat, sehingga akan meminimalisir bertemu banyak orang, seperti saat di bandara. Apalagi saat ini menggunakan bus antar kota juga bisa dibilang lancar karena ada TOL (Tax on Location) Trans Jawa dan itu lebih memudahkan.

“Untuk Liga 1 ya (di Yogyakarta). Liga 2 kan nanti sistem grup-grup. Kalau Liga 1 mungkin karena sisanya di Jawa jadi kan transportasinya cukup pakai jalan darat,” kata Iwan Bule

“Kan untuk Surabaya, Bandung, Jakarta dan Semarang bisa itu. Jadi cukup efisien kan,” kata Iwan Bule.

x

Check Also

Masa Pandemi, Bisnis Sepatu Bola Hamka Hamzah Justru Laku Keras

Jakarta – Meski di masa pandemi di mana banyak usaha yang mengalami kesulitan, namun usaha ...