Home > Berita Bola > KONI Harapkan Medali Emas Dari Sepakbola di SEA Games

KONI Harapkan Medali Emas Dari Sepakbola di SEA Games

Jakarta – Komite olahraga nasional Indonesia (KONI) mengharapkan cabang sepakbola mampu mengakhiri puasa medali emas di SEA Games usai terakhir kali meraihnya pada 1991 di Manila, Filipina.

Sepanjang pentas SEA Games, Indonesia baru dua kali menggenggam medali emas, yakni pada 1987 dan 1991. Pada penyelenggaraan terakhir 2019, Indonesia hanya bisa menyegel medali perak usai ditumbangkan Vietnam 3-0 di final.

Tekad memetik medali emas disampaikan ketua umum KONI Marciano Norman saat berkunjung ke kantor PSSI. Menurut Marciano, publik rindu melihat prestasi timnas sepakbola bersinar seperti negara-negara lain. Ia berharap medali emas itu bisa didapat pada SEA Games 2021 di Vietnam.

“Kepercayaan publik harus direbut. Pertama lewat tata kelola organisasi sepakbola Indonesia lebih baik, dan berikutnya lewat prestasi tim nasional,” kata Marciano dikutip laman resmi PSSI.

“Saat kita mengikuti kejuaraan multievent seperti SEA Games, Asian Games sampai Olimpiade, kurang lengkap rasanya kalau cabang-cabang lain mendapat medali emas, tapi prestasi serupa belum datang dari sepakbola. Kebanggannya belum lengkap.”

Marciano juga menyampaikan dukungan kepada PSSI untuk menggelar kompetisi musim 2020 yang saat ini . . . Gabung . . . terhenti akibat wabah virus Corona setelah pemerintah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Seperti diketahui, PSSI berencana melanjutkan kompetisi pada September dan Oktober.

“Saya paham, di masa Pandemi Covid-19 ini, PSSI merupakan salah satu induk cabang olahraga yang merasakan pukulan paling berat. Kebangkitan kompetisi sepakbola akan menjadi sinyal kebangkitan Indonesia di masa pandemi ini,” tegas mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

“Dengan dikendorkannya PSBB, masuk ke masa transisi, berputarnya aktivitas olahraga memberikan satu nafas pada sebuah kelompok besar, karena yang ikut kegiatan sepakbola ini kan banyak rangkaiannya. Olahraga di Indonesia harus jadi industri. Sepakbola tentu sudah masuk ke area sport industry.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Game Isi Waktu Luang Bisa Dapat Jutaan

Jakarta – Pernah main game secara online? Duh sayang banget kalau kamu belum pernah mencoba. ...