Home > Berita Bola > Kapten Timnas Indonesia Pertimbangkan Lanjutkan Karir di Jepang

Kapten Timnas Indonesia Pertimbangkan Lanjutkan Karir di Jepang

Jakarta – Punggawa sekaligus kapten timnas Indonesia Rudolf Yanto Basna mengaku belum puas dengan kiprahnya d dunia sepakbola profesional, dan kini mematok target bisa berkarir di Jepang pada tahun 2021.

Hal tersebut diungkap Basna dalam diskusi webinar bertajuk ‘Indonesia Muda untuk Dunia’ yang digelar kementerian luar negeri (Kemenlu). Basna saat ini masih membela klub Thai League 1, PT Prachuap.

Basna menuturkan keinginan bisa tampil di Jepang itu usai ia melihat sejumlah pemain Thailand memilih melanjutkan karir di Negeri Matahari Terbit ketimbang di negara ASEAN.

“Ketika saya datang ke sini [Thailand] pada 2018, pemain-pemain Thailand bermain ke Jepang. Mereka sudah berpikir bermain di Jepang, bukan Indonesia atau Malaysia. Pemain senior mereka memang banyak yang bagus, jadi hanya berpikir kalau tidak ke Jepang, ya ke Eropa,” tutur Basna.

“Lalu saya berpikir: Kenapa saya tidak seperti itu? Jadi sejak 2018, saya sudah mulai berpikir untuk bermain di Jepang.”

Walau demikian, Basna mengaku tidak mudah meniti jejak di Jepang, mengingat ia tidak punya koneksi di sana. Namun ia ingin mengusung modal nekat yang mengantar dirinya bermain di Thailand.

“Seiring berjalannya waktu, sekarang saya sudah memasuki tahun ketiga di Thailand. Saya lagi mencoba untuk tahun depan ke Jepang. Tapi untuk sekarang saya belum ada koneksi,” kata Basna.

“Namun saya percaya . . . Gabung . . . saja, karena Tuhan sudah membawa saya ke tahap ini (bermain di Thailand). Saya tidak berpikir untuk kembali [ke Indonesia] sebelum target saya tercapai. Saya juga bisa membawa nama Indonesia jika bermain di Jepang.”

Eks pemain Persib Bandung ini berharap lebih banyak pemain Indonesia punya keberanian untuk berkiprah di luar negeri. Basna siap memberikan bantuan jika ada pemain yang ingin merumput di Thailand.

“Sejak saya datang ke Thailand, saya punya keinginan untuk menjadi jembatan, bukan menjadi tembok. Ketika nanti ada pemain Indonesia yang mau ke Thailand, saya akan membantu memberi masukan,” imbuh Basna.

“Tapi hal paling penting adalah punya mental terlebih dulu. Kita bisa mewujudkan mimpi kalau berani keluar dari zona nyaman. Setiap orang punya talenta, jadi sangat disayangkan kalau talenta itu tidak digunakan. Saya ingin sebelum saya ke Jepang, ada pemain Indonesia yang mau mencoba [bermain di Thailand].” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Daftar Pencetak Hattrick Tertua Di 5 Liga Top Eropa

Daftar pemain berikut ini membuktikan bahwa usia hanya angka sebagaimana mereka sanggup menjaringkan tiga gol ...