Home > Berita Bola > Jelang Piala Asia 2020, Timnas Indonesia U-16 Butuh Laga Ujicoba

Jelang Piala Asia 2020, Timnas Indonesia U-16 Butuh Laga Ujicoba

Timnas U-16 Indonesia memang saat ini sedang menjalani latihan di rumah masing-masing dan tetap dipantau tim pelatih secara virtual. Sebagaimana diketahui sebelumnya timnas U-16 Indonesia sudah menjalankan pemusatan latihan atau training camp (TC) sejak Februari lalu. Tapi, pertengahan bulan Maret 2020, para pemain timnas U-16 Indonesia dipulangkan ke rumah masing-masing terkait dengan adanya virus corona (Covid-19).

Dengan itu sampai saat ini skuad tim berjulukan Garuda Muda itu hanya menjalani latihan fisik saja untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal itu dilakukan karena samapi saat ini timnas U-16 belum bisa menjalankan latihan di lapangan terbuka. Bima Sakti juga mengatakan kalau saat ini ia sedang menjalin komunikasi dengan PSSI untuk mencari solusi terbaik buat timnas U-16.

“Saya juga sudah berkoordinasi dengan PSSI dalam hal ini melalui direktur teknik. Coach Indra Sjafri (Direktur Teknik PSSI) akan membantu mencarikan solusi untuk timnas U-16,” kata Bima Sakti kepada awak media, Selasa (16/6/2020).

Tidak hanya itu, menurut Bima Sakti para pemain harus bisa dipersiapkan sedini mungkin menjelang kompetisi Piala Asia U-16 2020. Untuk jadwal Piala Asia U-16 2020 memang diundur oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), yang akan berlangsung 25 November-12 Desember di Bahrain.
Sebelumnya, Piala Asia U-16 sudah direncankan diadakan 16 September-3 Oktober 2020 di Bahrain.

Tapi, walau jadwal kompetisi diundur, menurutnya TC para pemain dilakukan sedini mungkin karena diperlukan untuk membangun chemistry dan memperkuat teknik individual. Bahkan sebelumnya Bima Sakti sudah merencanakan untuk timnas U-16 bisa melakukan uji coba.

“Memang rencananya . . . Gabung . . . di bulan Juli kami adakan uji coba juga, internal dulu. Lalu mungkin ada tim luar juga nantinya,” katanya.

Tapi, dengan adanya pengunduran kompetisi dan sampai saat ini TC juga belum bisa dilakukan karena PSSI belum memutuskan kapan bisa TC kembali. Bima Sakti mengaku kalau nanti pada September mendatang, mau tidak mau timnas U-16 bisa melakukan uji coba internasional atau bahkan turnamen.

Tentu saja itu adalah persiapan yang perlu dilakukan timnas U-16 karena tepat pada Kamis, 18 Juni mendatang Piala Asia U-20 akan dilakukan drawing. Sehingga saat itu tentu saja timnas U-16 bakal tau siapa saja lawannya, dan melakukan uji coba adalah cara yang tepat untuk mengetahui kemampuan para pemain.

“Bulan Agustus ini otomatis kami harus mengikuti turnamen atau uji coba internasional, karena tanggal 18 Juni kami sudah tahu jadwal dan tim lawan lewat pembagian grup. Harusnya kan September kami sudah mulai (Piala Asia), tapi ini diundur,” kata Bima Sakti.

Kalau Piala Asia U-16 tetap berlangsung sebagaimana jadwal sebelumnya, Juli menjadi jadwal pertama timnas U-16 Indonesia untuk melakukan uji coba.

x

Check Also

Shin Tae-yong Sudah Beri Daftar Nama Pemain Timnas Indonesia Untuk Dipanggil TC

Jakarta – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengaku pihaknya sudah mengantongi daftar nama pemain Timnas ...