Home > Berita Bola > FIFA Tanggapi Kritikan Donald Trump Dengan Cara Ini

FIFA Tanggapi Kritikan Donald Trump Dengan Cara Ini

London – FIFA menegaskan pentingnya “toleransi, saling menghormati dan akal sehat” dalam merespon kritikan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang menyebut pemain tidak seharusnya berlutut saat lagu kebangsaan dikumandangkan.

Federasi Sepakbola AS (USMNT) menyampaikan akan menyingkirkan kebijakan yang mewajibkan para pemain harus tetap berdiri saat lagu kebangsaan diputar, telah berlaku sejak keputusan pemain wanita Megan Rapinoe mendukung solidaritas Colin Kaepernick dengan berlutut.

Trump, kemudian menyampaikan kritik pedas soal sikap Kaepernick dan Rapinoe, mengatakan tidak sudi untuk menyaksikan sepakbola AS jika para pemainnya masih ngotot mempertahankan bentuk protes tersebut.

Gerakan berlutut digaungkan sebagai dukungan terhadap kampanye anti-rasisme dan diskriminasi di AS, menyusul insiden tewasnya orang kulit hitam, George Floyd di tangan petugas polisi yang punya latar belakang kulit putih beberapa waktu lalu.

Kritikan sang presiden terlontar sebagai tanggapan terharap RUU yang diajukan oleh senator Matt Gaetz, yang meminta agar para pemain wajib berdiri selama lagu kebangsaan . . . Gabung . . . dikumandangkan: “Saya lebih suka AS tidak memiliki sepakbola daripada memiliki tim sepakbola yang tidak mau berdiri untuk lagu kebangsaan.”

Pada awal pekan ini, FIFA merespons kritikan Trump tersebut, menyampaikan agar toleransi dan akal sehat digunakan dalam menyikapi sesuatu.

“FIFA sangat mendukung toleransi, saling menghormati, dan akal sehat ketika hal-hal itu menjadi bahan perdebatan,” tulis pernyataan FIFA, dilansir Associated Press.

“Kami tidak menoleransi terhadap semua aksi diskriminasi dalam sepak bola. Kita semua harus dengan tegas mengatakan tidak kepada rasialisme dan kekerasan.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Daftar Pencetak Hattrick Tertua Di 5 Liga Top Eropa

Daftar pemain berikut ini membuktikan bahwa usia hanya angka sebagaimana mereka sanggup menjaringkan tiga gol ...