Home > Berita Transfer Pemain > FIFA Angkat Bicara Soal Bursa Transfer Musim Panas

FIFA Angkat Bicara Soal Bursa Transfer Musim Panas

London – FIFA bakal mengizinkan bursa transfer digelar sebelum musim 2019/20 berakhir. Keptusuan ini diambil untuk membantu klub di tengah-tengah wabah virus corona.

Virus corona telah mengganggu dunia, tak terkecuali aktivitas sepakbola yang memunculkan sejumlah ketidakpastian untuk masa depan.

Ribuan pemain akan habis masa kerja pada akhir Juni, sehingga secara resmi mereka akan berstatus bebas transfer padahal roda kompetisi, misalnya Bundesliga Jerman, baru saja dilanjutkan lagi pada Mei lalu.

Masalah tidak berhenti di sana karena ada isu baru di bursa transfer. Klub-klub tidak yakin apakah pemain baru mereka bisa bermain di sisa musim 2019/20.

FIFA meredam gejolak dengan merilis panduan baru bagi mereka yang terdampak pada musim panas nanti, dengan menyebut pendaftaran pemain anyar baru diizinkan sebelum musim ini berakhir. FIFA juga menjelaskan para pemain diperbolehkan untuk memperkuat tiga klub berbeda, dari kebiasaan dua dalam satu musim yang sama.

“Demi mencegah kekhawatiran terkait pemain bebas transfer, mereka diizinkan untuk didaftarkan maksimal tiga klub, dan dapat beraksi di laga resmi untuk tiga klub berbeda di musim yang sama.”

“Demi memberi prioritas kepada klub untuk merampungkan musim dengan skuad original, memberi fleksibilitas dan memberi ruang pada asosiasi untuk secara tepat merancang kalender sepakbola, mereka, para asosiasi yang menganut dua tahun kalender diizinkan untuk membuka . . . Gabung . . . ‘periode registrasi pertama’ untuk musim 2020/21, sebelum kompetisi 2019/20 selesai, tergantung pada sejumlah kondisi.”

Ketua eksekutif Liga Primer Inggris Richard Marsters pernah menyebut beberapa tim raksasa Inggris tidak diperbolehkan memboyong pemain sebelum 25 Juli, sebagai dampak dari ditundanya kompetisi. Kebanyakan liga-liga di Eropa merancang aturan yang sama.

Terkait LaLiga, skema transfer di bursa musim panas untuk klub-klub di kasta tertinggi di Spanyol juga dipertanyakan namun dijelaskan oleh Rodrigo Gallego belum ada keputusan yang telah ditetapkan.

“Belum ada keputusan resmi apapun terkait transfer pemain di bursa musim panas maupun musim dingin,” tuturnya delegasi LaLiga untuk Indonesia itu.

“Namun situasi sekarang bisa menjadi kesempatan yang sempurna bagi klub untuk memaksimalkan para pemain muda, jebolan akademi klub.”

“Pertukaran, peminjaman pemain antarklub juga bisa menjadi opsi menarik. Yang jelas, pada situasi seperti sekarang kita akan melihat banyak pergerakan-pergerakan baru dan menarik di bursa transfer.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

MU Baru Mulai Mengejar Saul Niguez Jika Pemain Ini Sudah Laku

Manchester – Manchester United akhir-akhir ini dikaitkan dengan Saul Niguez yang dikabarkan akan diboyong menuju ...