Home > Berita Bola > Eks Pelatih Newcastle Ini Dinilai Setara Dengan Mourinho dan Guardiola

Eks Pelatih Newcastle Ini Dinilai Setara Dengan Mourinho dan Guardiola

London – Pencatak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool, Ian Rush, menilai Graeme Souness punya atribut sejajar dengan manajer papan atas Liga Primer Inggris.

Souness belum terikat dengan klub manapun sejak didepak Newcastle United pada 2006. Kini, ia bergabung dengan Sky Sports sebagai komentator tetap.

Selama bekerja sebagai juru racik, Souness punya jejak rekam yang menarik walau dengan prestasi yang terbilang minim.

Sosok asal Skotlandia itu pernah mendarat di Rangers, Liverpool, Galatasaray, Southampton, Torino, Benfica, Blackburn Rovers, dan Newcastle.

Sementara Rush sempat merasakan menjadi rekan setim (1980–1984) dan dibesut oleh Souness (1991–1994) di Liverpool.

Sebagai pemain, Souness merupakan salah satu gelandang terbaik Liverpool sepanjang sejarah dengan sejumlah gelar. Namun, ia gagal menyamai keberhasilan serupa sebagai pelatih.

“Dia [Souness] menjuarai liga dengan mudah bersama Rangers dan dianggap bisa melakukan hal yang sama [di Liverpool],” kata Rush kepada talkSPORT, Kamis (4/6).

“Dia kehilangan para pemain muda dan pemain lama. Dia memiliki ide . . . Gabung . . . yang bagus, tetapi mengubah banyak hal terlalu cepat, sesederhana itu,” tambahnya.

Saat itu, Souness melepas pemain kunci Liverpool, yakni Dean Saunders ke Aston Villa. Sang pengganti, Paul Stewart, menjadi salah satu pembelian gagal terbesar The Reds.

“Jika sekarang Souness adalah manajer salah satu tim, dia akan berada pada level yang sama seperti [Jurgen] Klopp, [Pep] Guardiola, dan [Jose] Mourinho. Saya pikir dia tahu dia telah membuat kesalahan,” tutur Rush.

“Dia akan menjadi manajer yang benar-benar luar biasa jika dia melatih lagi,” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Lampard

Lampard Masih Pikirkan Fans The Blues Usai Dipecat Chelsea

London – Frank Lampard dipecat Chelsea dari posisi manajer di pertengahan musim ini. Pemecatan itu ...