Home > Berita Bola > Demi Bertahan Hidup, Wasit Liga 1 Jual Harta Benda

Demi Bertahan Hidup, Wasit Liga 1 Jual Harta Benda

Penundaan Shopee Liga 1 2020 selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19 sangat berdampak pada kondisi ekonomi para pelaku industri sepak bola. Para pemain profesional harus mengalami pemotongan gaji sampai mencapai 75 persen di tengah wabah virus corona. Klub-klub pun tidak mendapatkan pemasukan karena tidak adanya pertandingan yang membuat sejumlah sponsor menarik diri.

Kesulitan finansian ternyata juga dialami oleh wasit dan perangkat pertandingan. Tidak adanya pertandingan membuat para wasit dan perangkat pertandingan sama sekali tidak memiliki pendapatan apapun. Hal itu diungkapkan oleh salah satu wasit Liga 1 2020, Nusur Fadilah, kepada awak media.

“Tidak ada gaji, karena tidak kerja hanya andalkan tabungan saja,” katanya.

Nusur mengaku kalau PSSI juga belum memberikan bantuan apapun untuk meringankan beban wasit dan perangkat pertandingan di tengah pandemi COVID-19. Dia berpendapat bahwa PSSI masih sibuk mengurusi persiapan Liga 1 2020 yang rencananya akan dimulai kembali pada September atau Oktober mendatang. Oleh karena itu, Nusur masih meyakini bahwa PSSI akan segera memperhatikan kebutuhan para wasit dan perangkat pertandingan.

“Untuk . . . Gabung . . . federasi sendiri belum ada karena mungkin PSSI sibuk urusi Liga 1 jalan atau tidak. PSSI pasti akan memperhatikan kami semua perangkat pertandingan,” katanya.

“PSSI sendiri belum ada tindak lanjutnya terhadap wasit, baru data saja, sudah diminta untuk perwakilan Asprov.”

“Insya Allah selain Pak Gede ada dari PSSI bantuan yang kami butuhkan,” katanya.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Nusur masih mengandalkan tabungan yang tersisa. Dia juga mengaku sempat menjual sejumlah harta bendanya untuk menambal pengeluaran di tengah pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah ada sisa tabungan, tapi lambat laun tabungan menipis. lalu yang ada kami punya kami jual,” katanya.

x

Check Also

AHHA PS Pati FC Mengusulkan Agar Liga 2 2021 Digelar di Sumatera dan Kalimantan

Jakarta – AHHA PS Pati FC Mengusulkan agar Liga 2 2021 digelar di Sumatera dan ...