Home > Berita Bola > Bukan Pelatih, Mantan Bomber Persib Jadi Agen Pemain

Bukan Pelatih, Mantan Bomber Persib Jadi Agen Pemain

Mantan ujung tombak Persib Bandung Sergio van Dijk sekarang mulai menatap karir baru setelah tidak aktif sebagai pesepakbola profesional. Van Dijk bergabung dengan agen pemain Tevreden Group. Agensi itu dibentuk mantan pemain FC Emmen, Brian Tevreden, pada tahun ini. Van Dijk akan fokus ke pemasaran di Belanda bagian utara dan luar negeri, terutama di kawasan Asia.

Hal itu tidak lepas dari pengalamannya berkarir di Asia. Van Dijk pernah memperkuat Adelaide United dan Brisbane Roar di Australia, lalu Sepahan (Iran), Persib (Indonesia), serta Suphanburi (Thailand).

“Saya akan terlibat dalam membimbing pemain berkecimpung di dunia bisnis dan olahraga. Itu bisa bervariasi, mulai dari negosiasi kontrak, analisa pertandingan, sampai branding dan pemasaran. Bisa dibilang saya membantu pemain dari A sampai Z,” kata Van Dijk diwartakan laman RTV Drenthe.

Pria berusia 37 tahun ini menambahkan, pekerjaan barunya itu tidak berbenturan dengan bisnis yang sedang ia rintis. Van Dijk sebelumnya sudah mendirikan agensi sendiri bernama SGM Global pada Oktober 2019.

“Pekerjaan di perusahaan itu (SGM Global) tidak jauh berbeda dengan pekerjaan baru saya di Tevreden Group, walau fokus utama saya sebagai konsultan, berkomunikasi . . . Gabung . . . dengan banyak pihak, dan mencari investor di sepakbola,” kata Van Dijk.

Walau terlibat di agensi pemain, Van Dijk tetap berkarir sebagai pesepakbola selepas memperkuat VV Pelikaan S di kompetisi amatir Belanda. Mantan pemain timnas Indonesia itu akan memperkuat tim asal Assen, ACV 3.

“Di musim panas nanti saya akan bermain bersama ACV 3,” kata pria yang menyandang status warga negara Indonesia (WNI) ini.

Sementara itu, kesediaan Van Dijk bergabung dengan Tevreden Group disambut gembira sang pemilik. Selain Van Dijk, mantan pemain lainnya yang bergabung adalah Collins John dan Edson Braafheid.

“Saya selalu menjalin komunikasi yang bagus dengan Sergio, dan kami sering membicarakan untuk melakukan sesuatu bersama-sama. Kami ingin membantu pemain, baik saat masih berkarir atau setelah pensiun,” kata Tavreden.

x

Check Also

Pelatih Persib Bandung Bandingkan Nasib Kompetisi Sepak Bola di Indonesia dan Malaysia

Bandung – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku tidak mengerti dengan kondisi sepak bola ...