Home > Berita Bola > Bukan Madrid, Paul Scholes Menyebut Barcelona Sebagai Lawan Terbaik

Bukan Madrid, Paul Scholes Menyebut Barcelona Sebagai Lawan Terbaik

Manchester – Mantan gelandang Manchester United Paul Scholes menyebut Barcelona besutan Pep Guardiola sebagai tim terbaik yang pernah dihadapinya selama menjalani karir bersama Setan Merah. Di belakang Blaugrana, ada Real Madrid.

Menurut Scholes, tanpa keberadaan dua klub raksasa Spanyol itu sebagai penantang, United di eranya mungkin akan mampu membangun dominasi di kompetisi Liga Champions dengan memborong “empat, lima, atau enam trofi”.

Faktanya, eks punggawa timnas Inggris berjulukan The Ginger Prince itu terbilang menuai sukses besar dengan tim arahan Sir Alex Ferguson. Scholes, yang mengumpulkan lebih dari 700 penampilan untuk United dalam 20 tahun pengabdiannya, meraih 11 medali juara Liga Primer dan dua kali memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Namun, United sejatinya memang punya peluang menjadi juara Eropa lebih banyak. Selain jadi yang terbaik pada 1999 dan 2008, United tampil di babak final edisi 2009 dan 2011. Dalam dua kesempatan tersebut, Scholes dan skuad United selalu dipaksa mengakui keunggulan Barcelona atahan Pep.

The Red Devils kalah dua gol tanpa balas di Olimpico sebelum kembali tunfuk dengan skor 3-1 saat bertemu lagi Lionel Messi cs. di Wembley dua tahun kemudian. Scholes pun tidak sungkan memuji kecemerlangan El Barca.

“Kami sungguh sial. Di era lain kami mungkin bisa memenangi empat, lima, atau enam gelar Liga Champions,” katanya kepada A Goal In One Podcast.

“Tapi tim-tim yang ada saat itu, lihat saja tim Barcelona asuhan Guardiola. Ya Tuhan, betapa bagusnya mereka!”

“Mereka bisa mendobrak lawan begitu saja. Di . . . Gabung . . . lini tengah, ada Andres Iniesta, Xavi, Sergio Busquets, dan Lionel Messi. [Thierry] Henry di kiri. Dua bek tengah Gerard Pique dan Carles Puyol. Sungguh istimewa.”

“Tanpa keraguan mereka adalah tim terbaik yang pernah saya hadapi. Salah satu tim terbaik sepanjang masa.”

Lebih lanjut, Scholes mengenang eliminasi United saat melawan Real Madrid pada perempat-final Liga Champions 2002/03 dengan skor agregat 6-5. United menyerah 3-1 di Santiago Bernabeu sebelum menang tipis 4-3 pada leg kedua di Old Trafford.

“Kalau saya mundur sedikit lebih jauh saya mengingat tim Real Madrid yang kami hadapi,” tutur pria 45 tahun ini. “Kami benar-benar dihajar di Bernabeu tahun itu. Skornya 3-1 pada pertemuan pertama, tapi itu tim luar biasa. Tidak jauh dari tim Barcelona tersebut.”

“Mereka punya Ronaldo Brasil, Zinedine Zidane, Luis Figo, [Fernando] Redondo yang luar biasa, Raul, Roberto Carlos, [Fernando] Hierro, Iker Casillas di posisi kiper, itu tim yang benar-benar menakjubkan.”

“Kami menghadapi tim-tim luar biasa. Kami tampil cukup baik melawan mereka, tapi Barcelona punya sedikit keunggulan atas tim Real Madrid tersebut,” tandas Scholes. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Daftar Pencetak Hattrick Tertua Di 5 Liga Top Eropa

Daftar pemain berikut ini membuktikan bahwa usia hanya angka sebagaimana mereka sanggup menjaringkan tiga gol ...