Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Braif Fatari Tak Ingin Indonesia Hanya Dianggap Sekedar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Braif Fatari Tak Ingin Indonesia Hanya Dianggap Sekedar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Jakarta – Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A pada Piala Asia U-19 2020 yang akan digelar di Uzbekistan. Mereka harus menghadapi tuan rumah, Iran, dan sesama negara Asia Tenggara, Kamboja.

Event Piala Asia U-19 dinilai ajang yang tepat karena menjadi jalan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021. Tiap tim yang sukses lolos hingga ke semi-final Piala Asia U-19, berhak berlaga di Piala Dunia U-20.

Jalan berbeda untuk Indonesia, karena Indonesia adalah tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Sebagai tuan rumah event tersebut, timnas U-19 tak harus susah payah memetik posisi empat besar pada Piala Asia U-19.

Walau demikian, bukan alasan untuk timnas U-19 tampil ala kadarnya pada Piala Asia. Mereka tetap menargetkan prestasi terbaik, dan menjadikan Piala Asia U-19 sebagai ajang pembuktian, bahwa mereka pantas bermain di Piala Dunia U-20.

“Sebelum kami ke Piala Dunia, ada baiknya kami mengincar hasil positif di ajang Piala Asia,” tegas gelandang muda Persija Jakarta, Braif Fatari, yang juga masuk skuad timnas U-19.

“Jika mendapatkan hasil baik [di Piala Asia U-19], tentu itu akan menjadi bukti kalau kami pantas bermain di Piala Dunia. Jadi bukan semata karena kita tuan rumah,” tegas pemain berdarah Papua tersebut.

Piala Asia U-19 . . . Gabung . . . bakal digelar Oktober mendatang, timnas U-19 akan mengawali kiprah mereka pada 14 Oktober, melawan Kamboja. Kemudian, Garuda Muda meladeni Iran pada 17 Oktober, lalu menghadapi tuan rumah Uzbekistan, pada pertandingan pamungkas babak grup.

Saat ini timnas U-19 belum menggelar persiapan menyambut Piala Asia, karena wabah virus corona. Shin Tae-yong yang bertanggung jawab atas tim juga masih berada di Korea Selatan, dan melakukan program pemusatan latihan secara virtual.

Braif menyebut meski kondisi saat ini sedang sulit karena wabah virus corona, seluruh skuad timnas U-19 harus terus berupaya maksimal mempersiapkan diri. Ia juga masih harus bersaing, untuk menyegel tempat di skuad timnas U-19.

“Kita harus berjuang tentunya. Mengingat keberhasilan tak akan berjalan sukses tanpa usaha maksimal. Saat ini kami memaksimalkan persiapan yang ada sambil menunggu adanya panggilan pelatnas secara menyeluruh,” tukas Braif. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Ketum PSSI Minta Pemain Timnas U-19 dan U-16 Tetap Kerja Keras Meski Agenda 2021 Ditunda

Jakarta – Setelah FIFA menunda ajang Piala Dunia U-20 2021 ke tahun 2023, kini giliran ...