Home > Berita Liga Jerman > Bintang Muda Dortmund Berikan Penghormatan Untuk George Floyd

Bintang Muda Dortmund Berikan Penghormatan Untuk George Floyd

Munchen – Jadon Sancho dilanda perasaan campur aduk walau baru saja mengemas hat-trick perdana dalam karier profesionalnya. Penyerang Borussia Dortmund itu memang membuat catatan apik, namun di sisi lain dia prihatin dengan apa yang baru saja dialami George Floyd.

Pemain asal Inggris itu mencetak trigol dalam kemenangan telak 6-1 timnya atas Paderborn, akhir pekan kemarin. Torehannya itu membuat dia jadi pemain termuda yang mampu mengoleksi 30 gol di kompetisi Bundesliga.

Dalam selebrasinya untuk gol pertama, sosok berusia 20 tahun itu menunjukkan kaos bertuliskan ‘keadilan bagi George Floyd’ dalam rangka menghormati sosok yang tewas di tangan polisi Amerika.

Sancho, kemudian mendapat kartu kuning karena melepas jerseynya saat merayakan gol, mengekspresikan emosinya di Twitter dengan menulis: “Hat-trick profesional pertama. Sebuah momen campur aduk secara pribadi, karena ada hal yang lebih penting terjadi di dunia hari ini, yang harus kami atasi dan bantu untuk sebuah perubahan.”

“Kami harus bersatu dan berjuang untuk keadilan. Bersama, kita bisa lebih kuat! #JusticeForGeorgeFloyd,” sambungnya.

Sancho hanyalah salah satu pemain di kompetisi kasta teratas Jerman yang menunjukkan dukungan pada Floyd. Pemain Borussia M’gladbach Marcus Thuram juga melakukan selebrasi berlutut usai mengoyak gawang Union Berlin. Selebrasi itu merujuk pada simpatinya untuk Floyd.

Arsitek tim Thuram, Marco Rose, menuturkan bahwa pemain berusia 22 tahun itu “memberi contoh melawan rasisme”. Manajer Dortmund Lucien Favre menyebut dia “tidak melihat” kaos yang dikenakan Sancho.

“Setelah pertandingan, saya mendengar dia selebrasi seperti itu. Ada sesuatu di kaosnya,” ujar Favre.

“Apa yang bisa saya katakan? Saya tidak tahu kenapa dia melakukan itu. Saya tidak melihatnya. Saya tidak bisa menilainya,” imbuhnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Phil Neville Sarankan Jadon Sancho Tak Tergesa-gesa Tinggalkan Dortmund

Jadon Sancho sudah menjadi target utama Manchester United dalam bursa transfer musim panas mendatang. Keinginan ...