Home > Berita Liga Indonesia > Barito Putera > Barito Tuntut Pemain Muda Tak Lupakan Pendidikan

Barito Tuntut Pemain Muda Tak Lupakan Pendidikan

Samarinda – Barito Putera memegang komitmen untuk mencetak para pemain muda yang nantinya bisa menjadi motor penggerak timnas Indonesia. Tak hanya cakap di lapangan, Barito juga menilai kecerdasan otak adalah hal utama.

Hal itu disampaikan oleh Ilham Romadhona, selaku arsitek tim Elite Pro Academy dari Laskar Antasari. Menurut Ilham, kecerdasan IQ pemain bisa memberi pengaruh besar pada pemain tersebut saat di lapangan.

Ilham memberi contoh saat program Primavera dijalankan di Indonesia pada tahun 90-an. Saat itu, Kurniawan Dwi Yulianto dan Bima sakti adalah figur pemain dengan IQ baik, dan impresif ketika bermain.

“Tahun 1992 kami mau berangkat ke Italia, ada tes IQ sekitar 600 soal, dijawab mulai jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Saat itu yang paling baik hasil tesnya Kurniawan, terbukti dia pemain cerdas. Beda dengan Bima Sakti, dia punya ketekunan yang hingga kini ia bawa,” jelas Ilham.

Kini beberapa pemain muda Barito yang mengikuti program Garuda Select, mereka juga harus melakoni sesi tes IQ. Hal itu dinilai penting, sehingga seluruh skuad Barito dari tim junior seperti U-16 dan U-18, . . . Gabung . . . menjalani tes IQ.

“Garuda Select juga ada tes IQ. Harusnya di setiap SSB, grassroot, usia dini itu memang harus ada tes IQ. Makanya akademi Barito U-16 dan U-18 itu terbaik di antara semuanya, banyak yang mengadposi dari Barito,” urai Ilham.

Selain harus menjaga konsistensi dalam berlatih sepakbola di lapangan, Laskar Antasari mendukung penuh para pemain muda mereka untuk benar-benar serius mengikuti kegiatan akademis seperti sekolah. Itu dinilai sebagai hal dasar.

“Paling mendasar, meski para pemain Elite Pro dikumpulkan, tapi mereka tidak melupakan sekolah. Sekolah itu penting, bagian dari teknis strategi di lapangan, bagaimana mereka bisa mengembangkan permainan. Kalau tidak punya IQ yang baik, strategi tidak akan jalan.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Djadjang Nurdjaman Bidik Dua Pemain Asing Baru

Banjarmasin – Menjelang akan dimulainya kompetisi Liga 1 2021, pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman dikabarkan ...