Home > Berita Bola > Yunus Nusi Klaim Tak Mungkin Ada Nepotisme di PSSI

Yunus Nusi Klaim Tak Mungkin Ada Nepotisme di PSSI

Induk sepak bola Indonesia, PSSI, sedang berada dalam persoalan pelik terkait adanya dugaan nepotisme yang terjadi di dalam tubuhnya. Dugaan nepotisme itu disangkakan kepada sang Ketua Umum, Mochamad Iriawan, yang menunjuk adik iparnya, Maaiker Ira Puspita, menjadi Wakil Sekretaris Jenderal PSSI.

Tali persaudaraan yang dimiliki Mochamad Iriawan dengan Ira Puspita membuat banyak orang menilai pria yang akrab disapa Iwan Bule itu telah melakukan nepotisme.

Terkait dugaan itu, pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, memutuskan angkat bicara. Secara khusus, Yunus Nusi menjelaskan kalau penunjukkan posisi Wasekjen di PSSI memiliki perbedaan dengan penunjukkan posisi General Manager di PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Seperti diketahui, Direktur Utama PT LIB, Cucu Soemantri, juga sedanf ramai diberitakan melakukan nepotisme setelah sempat dikabarkan menunjuk anak kandungnya untuk menempati jabatan General Manager di PT LIB.

“Statuta PSSI mengatur kalau pengangkatan Sekjen menjadi kewenangan Ketua Umum PSSI,” kata Yunus Nusi dilansir dari laman resmi PSSI.

“Pun penunjukan Wasekjen adalah hak Ketua Umum PSSI dalam rangka percepatan pelayanan PSSI kepada member yang berjumlah ratusan anggota, baik itu klub Liga 1, Liga 2, Liga 3, Asosiasi Provinsi se-Indonesia, asosiasi-asosiasi sepakbola dan juga organisasi-organisasi sepakbola yang berafiliasi dengan PSSI,” jelasnya.

Anggota Asprov PSSI Kaltim itu juga menjelaskan kalau Wasekjen PSSI tidak memiliki tanggung jawab dan wewenang dalam . . . . . . persoalan yang melibatkan keuangan. Wasekjen PSSI hanya bertugas di bidang administratif dan bertanggung jawab untuk membantu peran Sekjen PSSI.

“Wasekjen juga tidak bersentuhan dengan uang. Murni administratif berbagi tugas dengan Sekjen, dan tidak langsung bertanggung jawab kepada Ketua Umum PSSI,” katanya.

Di sisi lain, Yunus Nusi mengakui kalau kehadiran Maaike Ira Puspita sebagai Wasekjen PSSI sangat membantu tugasnya sebagai Plt Sekjen PSSI. Menurutnya, administrasi di PSSI menjadi lebih rapi sejak adanya sosok yang mengisi posisi Wasekjen PSSI.

Terlebih, disebutkan oleh Yunus, PSSI merupakan sebuah organisasi yang memiliki ruang kerja yang sangat luas untuk melayani semua kegiatan yang bersangkutan dengan sepak bola. Hal itu berbeda dengan PT LIB yang fokus pada pengelolaan keuangan dan kompetisi.

“Karena itu, pengangkatan staf level atas harus melalui rapat direksi. Hal-hal yang menyangkut pengelola keuangan begitu banyak maka memang sebaiknya dihindari hal-hal yang menjadi sorotan publik,” katanya.

x

Check Also

Luis

Ronaldo Lebih Pilih Luis Enrique Dibanding Zidane Latih MU

Manchester – Superstar Manchester United Cristiano Ronaldo dikabarkan meminta manajemen MU agar mendatangkan Luis Enrique ...