Home > Berita Bola > Wenger Menilai Laga Tanpa Penonton Merusak Keindahan Sepakbola

Wenger Menilai Laga Tanpa Penonton Merusak Keindahan Sepakbola

London – Arsene Wenger menyebut kompetisi bila digelar lagi dengan bermain di stadion kosong alias tanpa penonton, terlebih untuk jangka panjang, maka hal ini bisa merusak keindahan yang ada pada olahraga paling digemar di dunia ini.

Bundesliga Jerman jadi liga elit pertama yang berani melanjutkan kembali kompetisi mereka akhir pekan kemarin.

Seluruh pertandingan lanjutan Bundesliga pasca-pandemi virus corona ini dilangsungkan secara tertutup dengan prosedur kesehatan tertentu.

Muncul wacana, seluruh liga di dunia bisa kembali berjalan dengan mengikuti apa yang sudah dilakukan di Jerman. Wenger melihat solusi ini sifatnya harus jangka pendek bukan untuk seterusnya.

“Apakah itu [stadion tertutup] akan dipertahankan dalam jangka panjang? Apakah akan merusak pertandingan dalam jangka panjang dengan tanpa suporter? Saya yakin demikian,” ujar eks pelatih Arsenal itu kepada beIN Sport.

“Itu harusnya jadi solusi jangka pendek. Bukan solusi jangka panjang. Bisa Anda bayangkan, memainkan sepakbola . . . . . . dengan tanpa suporter,” tegas Wenger.

Walau solusi menggelar sepakbola secara tertutup setidaknya menurut Wenger lebih baik dibanding tidak sama sekali. Terlebih, beberapa kompetisi top sudah memasuki tahapan akhir musim.

Ditambahkan pula oleh Wenger, tak masalah menyelesaikan musim 2019/20 dengan keadaan stadion tanpa suporter. Namun untuk selanjutnya, mesti dipertimbangkan kembali solusi bertanding dengan menghadirkan fans.

“Akan tetapi, ini adalah cara yang paling memungkinkan demi mengakhiri musim ini. Lebih baik dibandingkan dengan berbagai keputusan lainnya,” pungkas Wenger. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Bocoran Pemenang Ballon d’Or 2021, Nama Lionel Messi Keluar Sebagai Pemenangnya

Jakarta – Meski pengumuman pemenang Ballon d’Or 2021 baru akan dilakukan pada 29 November, namun ...