Home > Berita Bola > Sejumlah Liga Domestik Ubah Format, AFC Tak Masalah

Sejumlah Liga Domestik Ubah Format, AFC Tak Masalah

Jakarta – Konfederasi sepakbola Asia (AFC) tidak mempersoalkan perubahan kebijakan federasi yang terpaksa harus menggunakan format kompetisi berbeda saat liga digulirkan kembali usai wabah virus Corona berakhir.

Pernyataan AFC ini terkait rencana operator Malaysia Super League (MFL) yang melanjutkan liga dengan sisten setengah musim. Juara dan runner-up akan berlaga di Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC musim 2021.

Sekjen AFC Datuk Windsor Paul John menuturkan pihaknya tidak mempermasalahkan aturan itu. Menurutnya, hal paling penting di tengan krisis seperti sekarang adalah perubahan bisa diterima oleh klub, dan liga kembali berjalan sesuai dengan standar yang diterapkan pemerintah (SOP).

“Bagi AFC, kami tidak masalah dengan format yang disetujui MFL selama seluruh stakeholder setuju. Format yang direkomendasikan MFL jelas, karena mereka telah mencari cara terbaik untuk menuntaskan sisa pertandingan liga,” ujar Windsor diwartakan laman Berita Harian.

“Para pemenang dari dua kompetisi ini (MSL dan . . . . . . Piala Malaysia) juga dapat mewakili negara di kompetisi AFC selama format kompetisi diterima klub. Dengan format yang diubah ini, semua tim harus bersikap toleran, terutama ketika harus bermain di kandang atau dengan mempertimbangkan situasi yang tidak biasa ini.”

“Mematuhi SOP yang dikeluarkan pemerintah penting bagi setiap penyelenggara liga di Asia. Jika Liga Malaysia berjalan pada September, saya pikir ini adalah kesempata terbaik bagi MFL untuk menjadi contoh bagi negara lain yang ingin melanjutkan liga.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Kylian Mbappe Akui Dirinya Harus Kerja Keras Agar Bisa Sama Dengan Messi Dan Ronaldo

Jakarta – Penghargaan Ballon d’Or 2021 baru saja digelar dan Lionel Messi meriah penhargaan bergengsi ...