Home > Berita Bola > Sandy Walsh Ingin Penuhi Pesan Kakek Untuk Bela Timnas Indonesia

Sandy Walsh Ingin Penuhi Pesan Kakek Untuk Bela Timnas Indonesia

Sandy Walsh merupakan pemain berpostur 185 cm dan berposisi sebagai fullback kanan di klub Belgia, Zulte Waregem. Walau lahir di Brussels, Belgia, ia memiliki kewarganegaraan Belanda. Pemain yang juga bisa bermain sebagai pemain bek tengah itu juga pernah membela timnas Belanda usia muda, dari U-15 hingga U-20.

Walau begitu, Sandy pernah menyatakan minat untuk membela timnas Indonesia. Pemain berusia 25 tahun itu sejatinya punya keturunan dari 6 negara yaitu Belanda, Belgia, Irlandia, Swiss, Inggris, serta Indonesia.

Darah Indonesia mengalir dari sang ibu, Brigitta Portier yang punya darah Jawa. Sementara sang ayah, Gary Walsh, dilahirkan dari orang tua Irlandia dan Swiss.

“Secara resmi yang memiliki keturunan langsung dari Indonesia adalah Kakek-Nenek dari Ibu. Kakek lahir di Surabaya dan Nenek di Purworejo. Mereka bertemu dan akhirnya pindah ke Belanda,” katanya seperti dikutip dari channel Youtube Bayu Eka Sari (Bang Bes) yang tayang Jumat (8/4/2020).

Kecintaan Sandy Walsh untuk Indonesia juga tergambar dari sisi makanan. Pemain berposisi fullback itu mengaku sering dibuatkan makanan Indonesia oleh sang Ibu.

“Ada banyak yang berkesan soal Indonesia, tapi yang berkesan adalah makanan.”

“Bahkan di sini Belgia, saya mencoba makan seminggu sekali makanan Indonesia di sini. Ibu saya juga sering masak makanan indonesia,” katanya.

Kecintaan Sandy dengan Indonesia diakuinya bukan semata-mata hanya bertujuan membela timnas, tapi juga ia menyukai negara Indonesia itu sendiri.

“Bukan soal timnas (saja), saya juga cinta negaranya. Saya sudah berkunjung di sana 2-3 kali. Dan setiap kali saya kesini saya merasa ingin di Indonesia, bukan di sini (Eropa).”

“Karena setiap kali saya di Indonesia saya merasa bahagia cuacanya juga bagus. Jadi bukan soal timnas, timnas adalah bonus.”

“Saya ingin menjadi Warga Negara Indonesia bukan karena uang. Memang saya bermain sepak bola karena uang, tapi untuk . . . . . . tim nasional beda cerita.”

“Sebuah kebanggaan kalau bisa bermain untuk timnas (Indonesia). Untuk semua dukungan yang saya terima, dari followers walaupun itu berasal dari sangat jauh. Pesan penyemangat kalian, saya ingin membalas dukungan itu,” katanya.

Awal mula dirinya ingin membela timnas Indonesia, Sandy mengaku banyak berdiskusi dengan kakeknya.

“Sebagai seorang pemain sepak bola saya selalu memikirkan tim nasional. Saya selalu menonton Piala Dunia, Piala Eropa bahkan Piala Asia dan Piala Afrika.”

“Saya diskusi banyak dengan kakek saya. Dia orang Indonesia. Dia Tinggal di Belgia dan bilang kalau kamu bisa bermain untuk timnas Belanda, salah satu tim terbaik.”

“Tapi juga harus diingat juga kamu bisa bermain untuk timnas Indonesia. Negara yang sangat mencintai sepak bola, sangat indah,” kata Sandy.

Pesan sang kakek itu diingat Sandy Walsh saat ia bersiap untuk bertanding di perempat final Liga Europa bersama Genk. Saat itu, Sandy mulai disorot media Indonesia, dan ia mulai juga berdiskusi dengan sang ibu.

“Jadi sejak saat itu, ketertarikan saya muncul. Saya jadi kepikiran dan mulai menjalin kontak dengan Indonesia, juga memperhatikan keadaan di sana.”

“Dan akhirnya menjadi salah satu tujuan saya mencoba gabung timnas Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh kakek saya untuk melihat melalui Internet bagaimana kehidupan dan sepak bola di Indonesia,” kata Sandy.

Saat ini, Sandy masih menunggu proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

x

Check Also

Kangen Nih! Lionel Messi Beri Pujian Dan Cerita Momen Bersaing Bersama Cristiano Ronaldo

Jakarta – Selama ini publik sangat ingat dengan rivalitas Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo saat ...