Home > Berita Bola > Raphael Maitimo Ungkap Perjuangannya Demi Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Raphael Maitimo Ungkap Perjuangannya Demi Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Raphael Maitimo merupakan pemain berdarah Maluku yang resmi menjadi warga negara Indonesia sejak tahun 2012. Semenjak kecil, dirinya hidup dan besar di negeri Belanda. Dia menimba ilmu sepak bola di salah satu klub besar Belanda, Feyenoord Rotterdam.

Saat itu dirinya bermain bersama mantan striker timnas Belanda, Robin van Persie. Tidak hanya itu ia juga pernah setim di timnas junior Belanda dengan Wesley Sneijder dan Arjen Robben. Pemain yang sekarang dikabarkan dekat dengan artis Agnes Mo itu menceritakan awal mula niatnya bergabung ke timnas Indonesia.

“Sejak awal saya ingin bergabung dengan timnas Indonesia. Sebuah harapan muncul saat saya bermain di Liga China yang iklim sepak bolanya berbeda dari Belanda,” katanya.

“Walau tidak mudah, saya bisa beradaptasi dengan cepat,” katanya.

Hal itu dilakukan Raphael Maitimo agar dilirik oleh PSSI dan menjadi pemain yang patut direkomendasikan untuk dinaturalisasi. Saat itu rekan senegaranya seperti Stefano Lilipaly, Tony Cussel, dan Jhony van Beukering juga ikut dinaturalisasi.

Dalam sepak bola Tanah Air, pemain kelahiran 17 Maret 1984 itu sudah malang melintang membela berbagai klub. . . . . . . Klub-klub besar seperti Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Arema FC, Sriwijaya FC, sampai Persib Bandung pernah ia perkuat.

Merumput pertama kalinya di Indonesia ternyata bukan hal yang mudah bagi Raphael Maitimo. Perbedaan iklim, budaya, dan bahasa menjadi faktor dirinya sempat terkendala, tapi lama-kelamaan dirinya bisa beradaptasi dengan baik.

“Sebagai pemain sepak bola profesional, saya harus memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia. Di awal memang perlu adaptasi budaya dan bahasa yang kondisinya berbeda dengan Belanda,” katanya.

Raphael Maitimo tercatat bermain 21 kali bagi timnas Indonesia dan mencetak 4 gol. Debutnya terjadi saat melawan Laos pada 25 November 2012 di Piala AFF 2012.

x

Check Also

Timnas Indonesia Menang 4-0 Atas Antalyaspor, Shin Tae-yong Sebut Masih Banyak Kekurangan

Jakarta – Timnas Indonesia berhasil menang telak 4-0 atas klub Turki Antalyaspor, pada laga uji ...