Home > Berita Liga Indonesia > PSSI Diminta Lebih Kreatif Dalam Mengembangkan Bakat Pemain Muda

PSSI Diminta Lebih Kreatif Dalam Mengembangkan Bakat Pemain Muda

Makassar – Arsitek tim PSM Makassar Bojan Hodak mendesak PSSI untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi pemain muda agar tidak tertinggal dengan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya.

Hodak menuturkan Indonesia punya banyak potensi untuk diarahkan menjadi pemain berkualitas. Hanya saja, perencanaan yang kurang sistematis menjadi kendala utama bagi Indonesia dalam mengembangkan pemain muda.

“Indonesia masih kekurangan di beberapa sektor, terutama pengembangan akar rumput. Mereka punya populasi yang besar. Dibutuhkan perencanaan yang tepat dan dana besar untuk menjalankannya,” ujar Hodak diwartakan laman The Star.

Belajar dari pengalamannya, Hodak melihat Malaysia lebih memiliki program yang jelas dan terarah. Program pengembangan sepakbola nasional (NFDP) menjadi dasar mengasah pemain muda.

“NFDP Malaysia menjadi awal dari pengembangan talenta pemain muda. Kuncinya . . . . . . adalah tetap meningkatkan diri, dan memperbarui program. Jika memungkinkan, program ini disebar ke negara bagian dengan rancangan yang sama,” beber mantan pelatih timnas Malaysia U-19 ini.

“Berdasarkan pengalaman saya bekerja dengan anak-anak NFDP, mereka memiliki kualitas teknik dan taktik lebih bagus dibadingkan pemain yang datang dari ajang turnamen di negara bagian.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Seri 3 BRI Liga 1 2021/22 Batal Digelar di Jawa Timur

Jakarta – PT Liga Indonesa Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia memastikan ...