Home > Berita Bola > Park Ji-Sung di MU Dinilai Tak Kalah Penting Dibanding Ronaldo

Park Ji-Sung di MU Dinilai Tak Kalah Penting Dibanding Ronaldo

Manchester – Eks bomber Manchester United Wayne Rooney akan terus mengingat Park Ji-Sung yang ia anggap sebagai sosok penting di lini tengah Setan Merah.

Rooney pernah satu tim dengan Park selama waktunya di Old Trafford yang diwarnai kesuksesan, dan keduanya memenangkan sejumlah belar bersama di bawah besutan Sir Alex Ferguson.

Dalam pernyataannya di Sunday Times, Rooney bahkan secara terbuka menyamakan peran Park dengan Cristiano Ronaldo.

“Ini gila namun jika Anda menyebut nama Cristiano Ronaldo kepada bocah 12 tahun, mereka akan langsung mengatakan, ‘Ya, dia pemain brilian untuk Manchester United,” tulis Rooney.

“Namun jika Anda berkata ‘Park Ji-Sung’, mereka mungkin tidak tahu siapa dia. Tapi semua dari kami yang pernah bermain dengan Park tahu bahwa dia sangat penting untuk kesuksesan kami.

“Itu karena Park memberikan kolektivitas dan saya ingin membicarakan soal tim. Mereka – bukan bintang – adalah hal terpenting di olahraga.”

Rooney menuturkan itu karena Park pernah begitu sukses saat diminta meredam pergerakan pemain hebat AC Milan macam Andrea Pirlo, dan momen itu membuat ia sadar.

“Fletch [Darren Fletcher] dan Park memainkan peran besar dalam perkembangan kami sebagai sebuah tim,” lanjut Rooney.

“Saya ingat team talk Fergie sebelum melawan AC Milan. Dia mengatakan kepada Park: ‘Tugasmu hari ini bukan untuk menyentuh bola, bukan . . . . . . juga membuat umpan, tugasmu adalah Pirlo. Hanya itu: Pirlo’.”

“Saat itu Andrea Pirlo melakukan rata-rata 110 umpan per pertandingan, angkanya di kisaran itu, dan dari itu, sekitar 60-70 adalah umpan ke depan, umpan-umpan yang bisa melukaimu. Dia punya trik: ketika bola datang padanya dari full-back, dia akan mengumpannya di atas bek sentral Anda, untuk memudahkan Andriy Shevchenko atau Kaka berlari. Pirlo adalah pengumpan terbaik yang pernah saya lihat.

“Jadi Fergi bilang kepada Park: ‘Jangan biarkan dia mengumpan. Anda tidak boleh tertinggal satu yard atau satu detik lebih lambat.’ Dan saya pikir Pirlo kesulitan meraih 40 umpan di laga tersebut, dan 95 persen adalah umpan ke belakang karena Park sangat luar biasa dalam menjalankan tugasnya.

“Sisa skuad mengapresiasi itu, baik secara fisik dan mental, atas apa yang Park lakukan di malam itu karena itu sangat sulit.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Lionel Messi Menangkan Ballon d’Or 2021, Cristiano Ronaldo Merasa Dibohongi

Manchester – Penyerang Timnas Argentina dan klub Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, sukses meraih penghargaan ...