Home > Berita Bola > Messi Akui Tak Menduga Dampak Global Pandemi Virus Corona

Messi Akui Tak Menduga Dampak Global Pandemi Virus Corona

Barcelona – Lionel Messi tak membantah jika tidak pernah membayangkan besarnya dampak global dari wabah virus corona saat penyerang andalan Barcelona itu bersiap untuk kembali ke lapangan hijau pada Juni nanti.

Pandemi Covid-19 memberikan imbas yang sangat parah pada kehidupan manusia di bumi, dengan BBC melansir kematian akibat virus itu sudah lebih dari 350 ribu orang.

Aktifitas Olahraga lalu dihentikan walau sepakbola secara berangsur mulai kembali bergulir, dengan Bundesliga Jerman telah mengawali lagi dan La Liga berencana kembali berjalan pada 8 Juni.

Sementara pemenang Ballon d’Or enam kali itu ikut merasakan dampak global dari virus, ia sangat ingin kembali merumput, walau mengakui keselamatan adalah hal yang terpenting.

Ia mengatakan kepada adidas: “Saya tidak berpikir siapapun dapat memprediksi hal ini bisa terjadi. Beberapa orang memperingatkan pandemi dunia bisa terjadi dari waktu ke waktu, tetapi saya tidak pernah membayangkan akan menjadi seperti ini, atau bagaimana besar dampak di seluruh dunia.

“Hidup atau bekerja dengan begitu banyak ketidakpastian tidak pernah mudah, terutama ketika menghadapi situasi yang tak pernah terjadi seperti ini. Kita semua membayangkan kapan kami kembali bekerja, kapan kami mulai berlatih dan bersaing lagi. Bagi setiap pesepakbola, krusial untuk tetap fokus ketika Anda kembali ke lapangan hijau.”

Mengenai kembali bergulirnya sepakbola tanpa kehadiran penonton, Messi menambahkan: “Ada pembicaraan menyelesaikan musim liga Spanyol tanpa penonton, yang memberi rangkaian tantangan.

“Persiapan tim sama seperti pertandingan lain, tetapi secara individu setiap orang butuh persiapan dan membayangkan bermain tanpa fans, karena itu sangat aneh. Saya harus melakukannya di pertandingan kandang, dan itu menyeramkan.

“Tetapi wajar jika liga akan kembali dengan cara seperti ini setelah segala yang kita lalui. Dengan semua yang terjadi di seluruh dunia, itu bisa dimengerti.

“Ketika kami kembali bermain, akan seperti mulai dari nol. Kami membutuhkan beberapa waktu untuk bersiap sebelum . . . . . . liga kembali berjalan, dan kami juga mendapatkan kembali pemain kunci yang sempat cedera. Secara teknis, ini akan menjadi musim yang sama, tetapi saya pikir setiap tim dan pemain akan merasa berbeda.

“Meskipun saya tidak bermain dua pertandingan per pekan lagi, saya berusaha untuk berlatih setiap hari, dan saya menjalankan latihan yang mereka kirim untuk kami. Ini jelas jauh berbeda dari berlatih bersama tim, dan bagian buruknya adalah tidak memiliki pertandingan secara konstan, tetapi ini adalah ‘new normal’ baru yang harus kita jalani. Karena itulah kita membutuhkan beberapa waktuuntuk bersiap sebelum bersaing lagi.”

Wabah virus corona memaksa semua sepakbola dan turnamen pasca musim kompetitif klub dibatalkan di seluruh dunia, dengan Copa America dan juga Euro juga harus mundur setahun ke 2021.

Messi mengomentari keputusan tersebut: “Memundurkan Copa America adalah kekecewaan besar, tetapi tentu saja itu sudah diprediksi dan itu hal yang masuk akal untuk dilakukan. Copa akan menjadi kesempatan besar bagi saya tahun ini, dan saya amat sangat bersemangat untuk bersaing di sana lagi. Itu sangat memukul saya ketika saya mengetahui itu ditunda, tetapi saya sepenuhnya memahami.

“Kita tidak bisa berkutat pada apa yang kami tinggalkan tahun ini. Lebih baik melihat masa depan. Untuk kembali ke rutinitas latihan harian, untuk melihat rekan-rekan setim, untuk bermain di pertandingan. Saya yakin akan aneh awalnya, tetapi saya sudah tidak sabar untuk kembali bersaing!” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Maksa ! Laga Belenenses SAD vs Benfica Berjalan Dengan Tidak Imbang 9 vs 14 Karena Covid 19

Jakarta – Pada saat pekan ke-12 Liga Portugal antara Belenenses SAD vs Benfica di Jamor ...