Home > Berita Liga Prancis > Lyon Gugat Keputusan Pembatalan Ligue 1 Musim Ini

Lyon Gugat Keputusan Pembatalan Ligue 1 Musim Ini

Paris – Olympique Lyon menyampaikan bakal mengajukan gugatan terkait keputusan untuk menyudahi Ligue 1 Prancis musim ini lebih awal, yang menyebabkan mereka gagal melaju ke kompetisi Eropa pertama kali sejak 1997 dan juga berniat meminta ganti rugi besar kepada operator kompetisi (LFP).

Usai pengumuman yang disampaikan oleh perdana menteri Prancis, Edouard Philippe, yang menyatakan bahwa ada larangan terkait aktivitas sepakbola hingga bulan September, LFP akhirnya memastikan musim 2019/20 dihentikan secara keseluruhan dan menobatkan juara serta tim-tim yang berlaga di Eropa berdasarkan klasemen terakhir.

Itu artinya Paris Saint-Germain dinobatkan sebagai juara Ligue 1 ketiga mereka secara beruntun, sementara Olympique Marseille dan Rennes menyegel dua tiket tersisa menuju Liga Champions musim depan.

Lyon, yang terpaku di urutan ketujuh, praktis tidak bisa mendapatkan tiket menuju Eropa, dan lewat pernyataan resmi mereka mengatakan seharusnya kompetisi dilanjutkan di lapangan bukan di atas meja, tidak serta merta menjadi format alternatif.

Mereka juga menuding LFP tergesa-gesa dalam menghentikan musim ini, metode penentuan klasemen akhir juga dinilai tidak memenuhi syarat “sporting merit” UEFA untuk menentukan tim-tim yang layak ke Eropa dan merasa sebenarnya ada cara yang lebih adil yakni dengan menggelar play-off khusus, meski mereka . . . . . . juga mengakui bahwa PSG memang pantas juara.

“Pemerintah sebenarnya tidak dalam posisi memaksa agar Ligue dan Ligue 2 segera dihentikan. Menteri Olahraga Roxana Maracienanu sebelumnya bahkan menyebut liga bisa saja dimainkan pada Agustus jika kondisi kesehatan memungkinkan,” tulis Lyon.

“Olympique Lyon sudah memberikan solusi kepada liga hari Selasa kemarin, sehingga kompetisi bisa diselesaikan secara adil untuk persaingan yang lebih sehat dan sesuai dengan keinginan UEFA terkait objektivitas, transparansi, dan tanpa diskriminasi.”

“Terkait keputusan LFP yang menobatkan juara Liga Prancis hari ini, Olympique Lyon berhak naik banding atas keputusan tersebut dan mengklaim ganti rugi karena tidak bersaing di kompetisi yang tengah berlangsung, serta kerugian puluhan juta euro karenanya.”

“Olympique Lyon mengucapkan selamat untuk Paris Saint-Germain yang juara Ligue 1 dan Lorient yang juara Ligue 2.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Mengejutkan! PSG Tidak Bisa Jaga Gawangnya Dari Rennes, PSG Kalah Dengan Skor Akhir 0-2

Prancis – Dalam laga lanjutan Liga Prancis 2021/22, Rennes berhasil membungkam PSG dengan skor 2-0 ...