Home > Berita Bola > Luis Milla Desak Indonesia Bangun Fasilitas Tempat Latihan Yang Baik Untuk Sepakbola

Luis Milla Desak Indonesia Bangun Fasilitas Tempat Latihan Yang Baik Untuk Sepakbola

Luis Milla berkarier di Tanah Air dengan melatih timnas Indonesia pada 2017-2018. Pelatih asal Spanyol itu sudah memimpin timnas Indonesia pada 6 pertandingan ujicoba.

Dalam 6 pertandingan itu Luis Milla mencatakan dua kali menang, dua seri, dan dua kalah. Timnas Indonesia menang atas Guyana (2-1) dan Lamboja (2-0). Lalu seri melawan Fiji (0-0) dam Puerto Rico (0-0), kalah melawan Islandia (1-4) dan Myanmar (1-3).

Selain itu Luis Milla memimpin timnas U-23 Indonesia di Asian Games 2018 yang dihelat di tanah air. Sayangnya, pasukan Garuda muda harus terhenti di babak 16 besar saat itu. Pasca-ajang Asian Games 2018, PSSI memutuskan tidak memperpanjang kontrak Luis Milla sebagai pelatih timnas Indonesia.

Pengalaman selama dua tahun memahami kondisi sepak bola di Indonesia, Milla punya satu pesan khusus agar sepak bola Indonesia maju. Menurutnya, Indonesia harus segera berinvestasi besar untuk membangun infrastruktur latihan.

“Pengalaman 2 tahun di Indonesia, saya menemukan kalau di Indonesia banyak sekali orang yang mencintai sepak bola,” kata Luis Milla dilansir dari akun Youtube KickOff!Indonesia.

“Orang seperti Anda (Ganesha Putra) dan Danurindo adalah orang yang ingin sepak bola Indonesia berkembang maju.”

“Saat itu, kita bersama mulai membangun pendidikan kepelatihan yang lebih baik. Juga akademi yang harus dimiliki oleh klub profesional.”

“Hal baik berikutnya yang harus dibangun adalah infrastruktur latihan,” katanya.

Luis Milla mencontohkan kesuksesan Spanyol yang melesat karena investasi . . . . . . besar dalam hal infrastruktur untuk latihan.

“Kita tahu kalau Spanyol mulai melesat prestasi sepak bolanya saat adanya investasi besar dalam hal infrastruktur latihan, terutama untuk pemain muda,” kata Milla.

“Indonesia punya banyak potensi untuk berkembang. Tapi potensi itu harus segera digarap dengan kerja keras yang sistematis. Indonesia harus segera berlari!”

Luis Milla baru saja berbagi pengalamannya dengan KickOff!Indonesia melalui Youtube pada Sabtu (2/5/2020) soal pengalaman melatih di Indonesia sekaligus apa saja yang sudah dilakukan untuk membangun sepak bola di tanah air.

Luis mengawali penjelasannya soal impresi awal dirinya saat melakukan riset tentang kondisi sepak bola Indonesia. Mantan pelatih timnas U-21 Spanyol itu mengatakan kesan awal yang baik soal kondisi sepak bola Indonesia.

Penjelasan berlanjut dengan paparan Luis Milla untuk mengidentifikasi kelemahan para pemain Indonesia secara umum. Luis Milla menggunakan dokumentasi video untuk latihan, rekaman pertandingan maupun rekaman pertandingan lawan untuk melakukan proses peningkatan kemampuan secara menyeluruh.

x

Check Also

PSSI Menduga Mr.Y Yang di Mata Najwa Hanya Wasit Fiktif Suruhan Bambang Suryo

Jakarta – PSSI terus berusaha membongkar identitas Mr Y yang memberikan kesaksian kepada Mata Najwa ...