Home > Berita Liga Indonesia > Persija Jakarta > Inilah Kiper Timnas Australia Yang Pernah Merapat Ke Persija

Inilah Kiper Timnas Australia Yang Pernah Merapat Ke Persija

Jebolan Timnas Australia, Aleks Vrteski pernah bermain di Indonesia bersama Persija. Berikut kisahnya. Pada sekitar tahun 2012, penjaga gawang atau kiper berkebangsaan Australia Aleks Vrteski pernah memperkuat klub asal Ibu kota Indonesia, Persija.

Mungkin banyak diantara suporter Persija Jakarta yang tidak mengingat hal itu, karena memang Aleks Vrteski memperkuat Persija yang bermain di IPL (Indonesian Premier League), kompetisi resmi yang diakui FIFA di tengah dualisme kepengurusaan PSSI saat itu. Bukan Persija yang sekarang ada di Liga 1 atau dulu di Liga Super Indonesia (LSI).

Aleks Vrteski

Kalau melihat rekam jejaknya, Aleks Vrteski jelas bukan pemain yang sembarangan. Setidaknya buat level Indonesia. Karena sejak usia dini, Aleks Vrteski merupakan pemain yang dibina khusus dalam skema ‘future Glory’, oleh klub besar Liga Australia Perth Glory.

Bahkan pria kelahiran 28 September 1988 itu juga sempat mengemban ilmu di Australian Institute of Sport (AIS) sebuah tempat khusus pengembangan pemain muda yang dibentuk Pemerintah Australia.

Dengan tempaan itu, membuat karier junior Aleks Vrteski cukup bersinar. Menembus tim Perth Glory di tahun 2006, dirinya tercatat sebagai pemain termuda yang bisa bermain di kompetisi tertinggi Liga Australia (A-League) saat itu dalam usia baru sekitar 17 tahun.

Di rentan usia itu juga, dirinya rutin menghuni tim Timnas Australia, dari mulai jenjang U-17 sampai U-20. Pada Agustus 2007, Aleks Vrteski memutuskan hijrah ke Liga Makedonia Utara untuk memperkuat klub, Pobeda Prilep.

Dengan darah Makedonia Utara yang juga mengalir di tubuhnya, Aleks Vrteski sempat mencicipi bermain untuk Negara asal benua Eropa itu, di level Timnas Makedonia utara U-21.

Sempat Kembali ke Perth Glory pada Juli 2009, . . . . . . hanya bertahan sekitar semusim Aleks Vrteski lalu memutuskan untuk mencari peruntungan di Indonesia. Bergabung ke klub Persis Solo pada bulan Desember 2010.

Bermain di kompetisi baru di Indonesia, IPL (Indonesian Premier League) yang mengusung kemandirian klub itu, Aleks Vrteski harus merasakan hanya bermain separuh musim. Usai IPL dihentikan di paruh musim, karena konflik dualisme PSSI yang semakin panas saat itu.

Tapi pengalaman itu ternyata tidak membuatnya kapok. A leks Vrteski masih bertahan di Indonesia, untuk memperkuat klub IPL lainnya, Persija atau yang kemudian berubah menjadi Jakarta FC.Bersama Persija IPL itu, Aleks Vrteski lagi-lagi harus mersakan hanya bermain setengah musim.

Tapi berbeda kasus, kali itu terjadi karena dirinya memilih untuk Kembali ke Liga Australia. Untuk menjadi pengganti kiper klub Newcastle Jets yang mengalami cedera. Kepergian Aleks Vrteski ke Newcastle Jets saat itu, walau sebagai pemain pinjaman, pada akhirnya juga menjadi kisah kariernya di Indonesia.

Karena setelah dari Newcastle Jets, Aleks Vrteski lebih memilih melanjutkan karier di klub Liga Australia lainnya, Stirling Lons.
Sebelum akhirnya karier Aleks Vrteski terjun bebas dengan hanya bermain di klub semi professional, seperti Inglewood United dan Gwelup Croatia sejak tahun 2016 lalu.

x

Check Also

Kalah Dari Arema FC, Pelatih Persija Kritik Kepemimpinan Wasit

Yogyakarta – Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio, mengkritik kepemimpinan wasit setelah tim Macan Kemayoran kalah ...