Home > Berita Bola > Ingin Bela Timnas Indonesia, 3 Pemain Ini Ajukan Naturalisasi

Ingin Bela Timnas Indonesia, 3 Pemain Ini Ajukan Naturalisasi

Indonesia memang bisa dibilang selalu sulit untuk bisa menembus turnamen berskala besar baik di Asia maupun di dunia. Bahkan untuk bisa keluar sebagai juara Piala AFF saja timnas Indonesia selalu berhasil dikalahkan oleh Thailand dan juga Malaysia.

Walau begitu, magnet sepak bola di Indonesia nyatanya selalu bisa disejajarkan dengan negara-negara besar di Eropa sana. Pendukung yang fanatik selalu membuat sepak bola di Indonesia seakan lebih hidup dari negara lain.

Itu juga yang menjadi alasan banyaknya pemain-pemain keturunan Indonesia yang ingin membela lambang garuda di dada. Ada yang pernah bermain di Liga Inggris, ada juga dari Liga Indonesia dan ada juga yang dari Liga Belgia.

Berikut ketiga pemain yang ingin menjadi warga negara Indonesia lewat proses naturalisasi.

1. Darren Sidoel

Pemain binaan Ajax Amsterdam yang pernah memperkuat Reading U-23 itu terang-terangan ingin dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Darren yang berposisi sebagai pemain belakang saat ini bermain untuk tim asal Bulgaria, yaitu FC Arda Kardzhali.

Tentu saja menjadi hal yang bagus kalau Darren berpindah kewarganegaraan menjadi Indonesia. Pasalnya saat ini Darren masih berusia 22 tahun dan mempunyai karier yang panjang di dunia sepak bola.

Tentu bisa menjadi sebuah keuntungan buat Indonesia kalau bisa mengamankan service Darren untuk Indonesia. Pengalamannya di luar negeri bisa dibagikannya ke pemain lain untuk bisa memantik potensi yang ada di setiap pemain.

2. Marc Klok

Pemain berdarah Belanda yang saat ini bermain di Persija Jakarta itu memang selangkah lagi berbaju Indonesia. Proses naturalisasinya sudah berada di tahap . . . . . . akhir sebelum dirinya mengucap sumpah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Usianya juga saat ini berada di angka emas untuk seorang pemain sepak bola, yaitu 27 tahun. Klok yang pernah mengenyam pendidikan sepak bolanya di FC Utrecht memang bermain sangat apik di Liga Indonesia. Apalagi kala dirinya bermain untuk PSM Makassar. Sektor tengah selalu berhasil ia kuasai di saat dirinya bertugas di tengah lapang.

3. Sandy Walsh

Berbicara naturalisasi tentu tidak afdal kalau tidak membicarakan pemain yang satu ini. Ya, Sandy Walsh yang saat ini bermain di Liga Belgia bersama S.V Zulte Waregem selalu mengutarakan keinginannya untuk membela tanah kelahiran kakek dan neneknya itu.

Walau belum resmi memegang paspor Indonesia, kecintaannya terhadap Indonesia dibuktikannya dengan selalu memakai aksesoris bertemakan Indonesia di setiap pertandingan yang ia jalani.

Sebagai contoh, ia selalu memakai shin guard dengan lambang garuda plus bendera Indonesia di belakangnya. Bahkan di sepatunya pun ia sematkan bendera Indonesia. Ditambah lagi usianya yang masih muda, yaitu 25 tahun merupakan sebuah keuntungan kalau Indonesia bisa memakai jasa Sandy di timnas.

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia sampai memberikan satu tempat untuknya, hanya saja prosesnya masih belum bisa di proses sampai saat ini.

x

Check Also

Selalu Bersaing Jadi Pemain Terbaik, Lionel Messi Masih Beri Pujian Untuk Cristiano Ronaldo

Jakarta – Lionel Messi tidak pernah lepas dari Cristiano Ronaldo dalam hal bersaing sebagai pemain ...