Home > Berita Bola > Dibanding Cetak Gol, Riko Simanjuntak Lebih Suka Sodorkan Assist

Dibanding Cetak Gol, Riko Simanjuntak Lebih Suka Sodorkan Assist

Pemain andalan Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mengaku lebih suka memberikan umpan daripada mencetak gol karena ada kepuasan tersendiri. Pemain yang sudah memperkuat Persija Jakarta sejak 2018 itu sudah berhasil membawa tim berjulukan Macan Kemayoran meraih gelar juara.

Riko Simanjuntak sukses mengantar Persija Jakarta meraih trofi juara Liga 1 2018, setelah 17 tahun Macan Kemayoran berpuasa gelar. Terakhir Persija Jakarta meraih gelar juara pada kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia pada 2001.

Tidak hanya mengantar tim kebanggaan ibu kota meraih gelar, Riko Simanjuntak pada 2018 juga menempati posisi kedua sebagai pencetak assist terbanyak.

Pada musim 2018, Riko Simanjuntak mencetak 9 assist untuk Persija dengan berbeda satu biji dari Rizky Pora, yang berada di posisi pertama pencetak assist terbanyak.

Ketajaman yang dimiliki oleh Riko Simanjuntak tidak hanya berhenti di situ. Pada musim 2019 ia pun masih masuk dalam jajaran pencetak assist terbanyak. Walau tidak berada di jajaran atas, pemain yang juga menjadi andalan timnas Indonesia itu sukses mencetak tujuh assist untuk Macan Kemayoran.

Memasuki musim ketiga bersama Persija Jakarta, ketajaman Riko semakin bagus, apalagi dikelilingi oleh para pemain hebat, seperti Marko Simic, Evan Dimas, Osvaldo Haay, dan yang lainnya.

Tentu saja ketajaman Riko semakin membuat tim lawan kerepotan menjaga pertahanan mereka. Hal itu sudah terlihat pada awal musim 2020, yang mana Riko sudah memberikan dua umpan akurat yang berhasil menciptakan gol untuk Persija.

Pemain yang selalu masuk dalam daftar timnas Indonesia itu memang menjadi pemain depan yang menakutkan karena selalu mampu memberikan umpan manis kepada rekannya. Pemain asal Sumatra Utara itu mengaku senang apabila mencetak gol ataupun memberikan umpan untuk tim.

“Baik mencetak gol maupun memberikan assist, saya suka,” kata Riko Simanjuntak, sebagaimana dilansir dari laman Persija.

Walau tidak jarang Riko Simanjuntak sukses mencetak gol untuk tim, tenyata pemain berusia 28 tahun itu mengaku lebih suka memberikan assist kepada rekan setimnya.

“Saya lebih suka memberikan assist karena proses gol terjadi karena umpan yang bagus. Ada kepuasan tersendiri saat memberikan umpan yang menjadi gol,” katanya.

Riko bahkan tidak mempermasalahkan kalau diberi label pelayan di Persija Jakarta. Menurutnya itu adalah tugas utamanya sehingga bisa membuat tim bisa meraih kemenangan di setiap pertandingan yang dilakoninya.

“Ditambah lagi posisi saya di sayap. Prioritas tugas pemain sayap adalah memberikan umpan atau crossing untuk mempermudah teman-teman mencetak gol,” kata Riko.

Selama di Persija, Riko kebetulan memiliki partner yang cocok menerima assist darinya, yaitu Marko Simic. Keduanya bahkan menjadi duet emas yang dimiliki Persija Jakarta hingga saat ini.

x

Check Also

Pernah Berkarir di Thailand, Ryuji Utomo Suka Makan Belut Listrik

Seperti diketahui, Ryuji Utomo pernah dipinjamkan oleh Persija Jakarta ke salah satu klub asal Thailand ...