Home > Liga Lainnya > Celtic FC Dinobatkan Sebagai Juara Usai Liga Skotlandia Dihentikan

Celtic FC Dinobatkan Sebagai Juara Usai Liga Skotlandia Dihentikan

Pada akhir pekan lalu 12 klub Liga Skotlandia 2019-2020 sepakat untuk tidak melanjutkan kompetisi karena dirasa tidak mungkin. Keputusan itu juga akhirnya disahkan oleh asosiasi sepak bola Skotlandia (SPFL) pada hari ini, Senin 18 Mei 2020.

Untuk menentukan klasemen akhir musim, SPFL memilih untuk menggunakan rataan poin per pertandingan masing-masing klub. Hasilnya, Celtic pun keluar sebagai tim yang menduduki puncak klasemen akhir musim setelah meraih 2,6 poin per pertandingan.

Dengan begitu, SPFL pun langsung menobatkan Celtic sebagai kampiun Liga Skotlandia 2019-2020. Sistem rataan poin juga digunakan untuk menentukan klub yang harus turun kasta pada musim berikutnya.

Adapun tim yang harus terdegradasi adalah Hearts, yang hanya meraih 0,7 poin per pertandingan. Setelah menentukan klasemen akhir, pihak SPFL yang diwakili oleh ketua mereka, Murdoch MecLennan, menyampaikan selamat . . . . . . kepada Celtic dibarengi ucapan simpati kepada Hearts yang harus terdegradasi.

“Pertama, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk secara resmi memberi selamat kepada Celtic atas prestasi mereka memenangkan Liga Inggris Ladbrokes musim ini,” kata MecLennan seperti dilansir dari laman resmi SPFL.

“Kami juga dengan tulus bersimpati untuk Hearts atas degradasi yang mereka alami,” kata pria berusia 71 tahun itu menambahkan.