Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Barcelona Disarankan Gaet Firmino Dibanding Kejar Lautaro Martinez

Barcelona Disarankan Gaet Firmino Dibanding Kejar Lautaro Martinez

Barcelona masih bernafsu untuk mendatangkan penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez, pada bursa transfer musim panas 2020. Lautaro Martinez digadang-gadang akan menjadi sosok yang tepat untuk menjadi duet striker andalan El Barca, Lionel Messi.

Tapi, keinginan Barcelona untuk mendatangkan rekan Messi di timnas Argentina itu rupanya tidak direstui oleh mantan pemain mereka, Bojan Krkic.

Bojan mengatakan kalau sosok striker false nine Liverpool, Roberto Firmino, lebih cocok untuk didatangkan El Barca karena memiliki beberapa keunggulan.

“Kalau Anda menyuruh saya memilih satu nama pemain (untuk didatangkan Barcelona), saya akan memilih Roberto Firmino,” kata Bojan dilansir dari Metro.

“Dia adalah sosok yang bisa menghubungkan satu pemain dengan pemain lainnya, striker berpengaruh yang memiliki pergerakan luar biasa.”

“Saya tidak bermaksud menolak kedatangan Martinez ke Barcelona, tapi saya mengerti kalau dirinya harus dianalisis dengan baik oleh klub.”

“Tidak dapat dimaafkan kalau karier Martinez akan berakhir seperti Antoine Griezmann, yang didatangkan Barcelona untuk ditempatkan di posisi sayap.”

“Itu tidak boleh terjadi lagi karena terlihat jelas, pemain nomor sembilan tetaplah terlihat pemain nomor sembilan.”

“Boleh saja Barcelona mendatangkan Martinez, tapi tempatkan dirinya di posisi yang tepat,” kata pemain terbitan akademi Barcelona itu menambahkan.

Bukan tanpa alasan Bojan lebih memilih sosok Roberto Firmino daripada Martinez. Firmino yang . . . . . . diminta memainkan peran sebagai nomor sembilan palsu atau false nine, bisa bermain impresif selama lima musim bersama Liverpool di bawah asuhan pelatih asal Jerman, Juergen Klopp.

Didatangkan dari Hoffenheim pada Juli 2015, striker asal Brasil ini bisa mencetak 77 gol dan 59 assist di berbagai ajang. Adapun pengertian false nine sendiri adalah pemain yang seolah-olah bermain sebagai seorang penyerang tengah (pemain nomor sembilan), padahal tidak.

Real nine biasanya akan dijadikan sasaran akhir berbagai umpan untuk dikonversi menjadi gol. Tapi, false nine justru akan lebih sering bergerak ke arah yang “salah” dari semestinya seorang ujung tombak bergerak mencari ruang dan kesempatan untuk mencetak gol.

Artinya, mencetak gol bukan tugas utama Firmino di Liverpool. Dia lebih berperan sebagai striker yang memiliki tugas memberikan peluang kepada rekan striker lainnya.

x

Check Also

Bocoran Pemenang Ballon d’Or 2021, Nama Lionel Messi Keluar Sebagai Pemenangnya

Jakarta – Meski pengumuman pemenang Ballon d’Or 2021 baru akan dilakukan pada 29 November, namun ...