Home > Berita Bola > Asnawi Mangkualam Ingin Bermain di Klub Asia Dulu Sebelum Ke Eropa

Asnawi Mangkualam Ingin Bermain di Klub Asia Dulu Sebelum Ke Eropa

Pemain andalan PSM Makassar itu sudah menunjukkan tajinya di persepak bolaan Indonesia, walau masih berusia muda. Asnawi Mangkualam bahkan sejak 2017 menjadi salah satu bek andalan PSM Makassar, begitu juga di timnas Indonesia namanya selalu masuk dalam daftar.

Asnawi menjadi salah satu pemain yang sudah memperkuat Tim Nasional Indonesia dari beberapa kategori usia, yaitu dari U-16, U-19, U-23, dan Senior. Dari catatan itu tentu saja pemain berusia 20 tahun itu sudah memiliki banyak pengalaman dan sudah merasakan dilatih oleh para pelatih hebat pula.

Tidak hanya turut memperkuat timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam juga pernah mencetak gol untuk skuad Garuda. Pemain yang mengidolakan Cristiano Ronaldo itu saja memiliki keinginan untuk berkarier di kancah internasional.

Tapi siapa yang menyangka, saat rekan-rekannya seperti Egy Maulana Vikri di Lechia Gedanks, Polandia dan Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica, Serbia) memilih berkarier di Eropa. Asnawi Mangkualam mengatakan bahwa targetnya bukan bermain di Eropa langsung, tapi ia ingin bermain sepak bola di Asia terlebih dahulu.

Tentu saja ia memiliki alasan kenapa tidak memilih langsung ke Eropa tapi di Asia. Menurut Asnawi sepak bola di Asia juga tidak kalah bagus seperti di negara barat itu.

“Kalau saya prioritasnya mengawali karier di luar negeri mungkin di Thailand, Jepang, atau Korea Selatan dulu,” kata Asnawi Mangkualam dalam siaran langsung bersama . . . . . . offisial PSSI lewat Instagram.

“Saya tidak mau main di Eropa dulu, main di Asia saja dulu, yang memang kita juga tau kualitasnya juga bagus di sana (Asia),” katanya.

Mantan pemain Persiba Balikpapan itu mengaku kalau ia hanya realistis, karena Asnawi tau bagaimana susahnya untuk bisa menembus bermain di Eropa. Kalau bisa bermain di Eropa pun, sulit untuk pemain Asia sepertinya menembus tim utama.

Asnawi juga tidak segan mencontohkan bagaimana hal itu juga dialami oleh rekan-rekannya yaitu, Egy Maulana yang kesulitan tembus tim utama Lechia Gdanks.

“Kalau menurut saya langsung ke Eropa susah untuk itu. Dan sudah ada teman saya juga yang sudah main di Eropa,” katanya.

“Jadi masih sulit untuk saya mengembangkan karier saya langsung ke Eropa, jadi mungkin kalau bisa saya berawal di Asia dulu. Kalau ada rejeki ke sana ya tidak ada masalah. Kalau pengennya saya di Asia dulu,” kata Asnawi.

x

Check Also

Timnas Indonesia Menang 4-0 Atas Antalyaspor, Shin Tae-yong Sebut Masih Banyak Kekurangan

Jakarta – Timnas Indonesia berhasil menang telak 4-0 atas klub Turki Antalyaspor, pada laga uji ...