Home > Berita Bola > Aji Santoso Tak Yakin Liga 1 2020 Dapat Dilanjutkan

Aji Santoso Tak Yakin Liga 1 2020 Dapat Dilanjutkan

Aktivitas sepak bola dunia kembali bergeliat seiring menurunnya penyebaran virus corona di beberapa belahan dunia. Liga Korea Selatan, K League, menjadi liga pertama di dunia yang kembali bergulir di tengah pandemi COVID-19.

Kasta tertinggi sepak bola Korea Selatan itu sudah mulai beraktivitas lagi pada Jumat (8/5/2020) lalu dengan mempertemukan sang juara bertahan, Jeonbuk Hyundai Motors dengan Suwon Samsung.

Walau sudah bergulir kembali, Liga Korea Selatan tetap menerapkan aturan ketat untuk mengurangi resiko penularan virus corona, salah satunya dengan mengadakan laga tanpa penonton.

Kembalinya aktivitas sepak bola juga berlangsung di Liga Jerman dan Liga Vietnam. Kedua liga itu berencana untuk dimulai kembali pada medio Mei mendatang. Menanggapi fenomena itu, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, justru pesimistis kalau Shopee Liga 1 2020 bisa berlanjut seperti liga-liga lainnya.

Hal itu mengingat kasus pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia terus bertambah dan belum ada tanda-tanda pandemi akan segera berakhir.

“Setiap negara tidak bisa sebagai ukuran karena tingkat kedisplinan dan kesadaran masyarakatnya juga berbeda-beda,” kata Aji Santoso dilansir dari Tribun Jatim.

“Menurut saya cukup riskan kalau Indonesia melanjutkan kompetisi dengan kondisi yang tidak bersih 100 persen dari virus Corona,” kata pelatih asal Kabupaten . . . . . . Malang ini.

Mantan pelatih Persela Lamongan itu juga menilai bahwa kalau sudah dimulai kembali, Liga Korea Selatan tetap memiliki kekhawatiran terhadap penambahan kasus COVID-19. Itu berkaca dari sejumlah peraturan yang diterapkan dalam pembukaan Liga Korea Selatan 2020.

Selain diadakan tanpa penonton, pertandingan itu juga tidak disertai prosesi salaman serta para pemain dan pelatih yang berada di bangku cadangan masih menggunakan masker.

“Di Korea juga saya lihat melanjutkan kompetisi masih ada rasa kekhawatiran. Itu terbukti dengan pemain cadangan masih menggunakan masker,” katanya.

Aji sendiri sempat mengusulkan tentang adanya turnamen pengganti liga yang diadakan setelah pandemi COVID-19 di Indonesia berakhir. Tapi, untuk pelaksanaannya, Aji memilih menunggu keputusan dari pemerintah terkait situasi darurat.

“Ya harus nunggu pengumuman dari pemerintah baru bisa menentukan waktunya,” kata Aji Santoso.

x

Check Also

Sudah Pensiun Belum Ya ? Jika Cristiano Ronaldo Main Di Piala Dunia 2026

Jakarta – Perjalanan Portugal ke Piala Dunia 2022 Qatar akan dihadapkan dengan laga berat, mereka ...