Home > Berita Bola > Virus Corona Halangi Casillas Duduki Kursi Presiden Federasi Sepakbola Spanyol

Virus Corona Halangi Casillas Duduki Kursi Presiden Federasi Sepakbola Spanyol

Mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas, mungkin sudah jadi presiden FA Spanyol kalau pandemi virus corona atau Covid-19 tidak melanda negara itu. Pada bulan Februari lalu, Iker Casillas mencalonkan diri menjadi presiden Federasi Sepak Bola (FA) Spanyol.

Casillas mempertimbangkan diri menantang Luis Rubiales yang terpilih menduduki jabatan puncak itu pada 2018. Dilansir dari Football Espana, pemilihan calon presiden FA Spanyol itu sejatinya dilaksanakan pekan ini.

Tapi, sayangnya acara pemilihan itu harus tertunda akibat pandemi virus Covid-19. Padahal, kalau pemilihan itu dijadwalkan sesuai rencana, Iker Casillas diprediksi mengalahkan suara Rubiales dan dikukuhkan sebagai presiden FA Spanyol selama dua tahun masa jabatan.

Ia mengantongi banyak dukungan yang bisa mengantarnya ke kursi tertinggi di badan itu. Diketahui, menurut sebuah survei di antara para penggemar sepak bola Spanyol, Luis Rubiales yang awalnya memegang suara 80 persen anjlok menjadi 59.

Sementara itu, Casillas mengantongi 94 persen suara penggemar. Selain itu, dukungan agar Casillas menjadi presiden FA Spanyol juga datang dari tujuh federasi regional, yaitu Real Madrid, Castilla y Leon, Casilla la Mancha, Galicia, Basque Country, Catalunya, dan Andalusia.

Iker Casillas juga akan didukung oleh presiden LaLiga, Javier Tebas, yang sering mengkritik . . . Gabung . . . Rubiales sejak dia terpilih, selain presiden Asosiasi Pesepak Bola Spanyol, David Aganzo.

Di sisi lain, Luis Rubiales kehilangan dukungan sejak dia dianggap bukan tokoh pemersatu selama dua tahun memimpin FA Spanyol. Dia mendorong transparansi tapi dia juga terlihat dalam sejumlah keputusan yang kontroversial. Casillas sendiri belum pensiun bermain dan saat ini masih bermain untuk FC Porto, tapi absen sejak mengalami serangan jantung pada Mei 2019.

Casillas dianggap sebagai pemain yang cukup ikonik dalam sejarah sepak bola Spanyol. Dia bermain lebih dari 700 pertandingan untuk Real Madrid sebelum bergabung dengan Porto pada tahun 2015.

Mantan kiper Timnas Spanyol itu memenangkan tiga kali gelar Liga Champions bersama Real Madrid, serta dua Euro dan Piala Dunia dengan jumlah penampilan 167 untuk La Roja.

x

Check Also

Jelang El Clasico, Carlo Ancelotti Nilai Barcelona Masih Bagus Meski Tanpa Lionel Messi

Barcelona – Pada pekan ke-10 La Liga 2021/22, Real Madrid akan bertandang ke markas Barcelona ...